Tim Kuasa hukum label musik Nagaswara (Foto: Medcom/Abas)
Tim Kuasa hukum label musik Nagaswara (Foto: Medcom/Abas)

Ubah Lirik Lagi Syantik, Nagaswara Desak Gen Halilintar Minta Maaf

Hiburan Gen Halilintar
Dhaifurrakhman Abas • 25 Februari 2020 07:00
Jakarta: Kuasa hukum label musik Nagaswara, Yosh Mulyadi, menyebut pihaknya tak mempermasalahkan materil yang didapat Gen Halilintar dari hasil cover lagu Lagi Syantik. Mereka hanya ingin mengantongi izin gubah lagu.
 
"Mengganti lirik bahkan membuat video klip yang diupload di kanal tanpa izin secara hukum itu dilarang," kata Yosh usai menjalani sidang di PN Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020.
 
Dia menegaskan, pihak Gen Halilintar bahkan tak memberikan keterangan orisinalitas lagu dan nama pencipta lagu di video yang mereka unggah di YouTube. Hal itu menurut Yosh merupakan pelanggaran hak cipta sekaligus moral.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena untuk pencipta itu punya perlindungan yang harus sedemikian rupa, dicermati dari saksi ada hak moral dan hak ekonomi dua-duanya dilaksanakan atas izin pencipta," papar dia.
 
Sebab itu, Yosh bilang, pihak Nagaswara ingin Gen Halilintar melontarkan permohonan maaf karena telah menggubah lagu tanpa izin di YouTube mereka. Meskipun video tersebut kini sudah dihapus dari kanal YouTube Gen Halilintar.
 
"Yang harus dilakukan ya harus minta maaf dulu agar dimaafkan. Kita susah memaafkan jika tidak ada permintaan maafnya," ujar Yosh.
 
Dia mengakui, bukan hanya Gen Halilintar saja yang pernah menggubah lagu Lagi Syantik tanpa seizin Nagaswara dan pencipta lagunya. Pihaknya pun telah melakukan peneguran hingga gugatan terhadap penggubah lagu tak mengantongi izin mereka.
 
"Memang banyak ya, lagu Lagi Syantik itu kan viral enggak karuan. Jadi yang pakai lagu itu banyak, banyak juga yang berizin, juga bermasalah. Kita tegur juga selesai baik-baik selesai begitu aja. Artinya ada kesepakatan ke kita minta izin ke kita," tandas dia.
 
Diketahui sebelumnya, kasus dugaan pelanggaran hak cipta Gen Halilintar terjadi saat mereka membuat video cover lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah di YouTube. Namun lirik lagu tersebut diubah oleh mereka.
 
Pihak Nagaswara sebagai label musik Lagi Syantik lantas menuding Gen Halilintar melanggar hak cipta lagu yang dinyanyikan ulang di YouTube itu. Mereka pun menggugat Gen Halilintar secara perdata dengan nominal Rp9,5 miliar. Kini video cover lagu itu telah dihapus dari kanal YouTube Gen Halilintar.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif