JCP edisi #21 konser tema Schummaniade : Sebuah Perayaan Bersama. (Foto: Medcom.id/Kumara Anggita)
JCP edisi #21 konser tema Schummaniade : Sebuah Perayaan Bersama. (Foto: Medcom.id/Kumara Anggita)

Jakarta City Philharmonic Merayakan Karya Robert Schumann

Hiburan Jakarta City Philharmonic
Kumara Anggita • 20 Juni 2019 12:18
Jakarta: Dari april hingga November 2019 akan ada delapan konser Jakarta City Philharmonic (JCP) yang diadakan setiap bulannya. JCP edisi #21 adalah konser yang ketiga dan mengangkat tema Schummaniade : Sebuah Perayaan Bersama.
 
Schummaniade mengacu pada salah satu komposer Eropa Barat terpenting era romantik yaitu Robert Schumann. Sementara akhiran -iade berasal dari istilah “Schubertiade” atau perkumpulan penggemar musik Franz Schubert. Mengutip dari tulisan Aditya Pratana Setiade “Schumanniade : Keitiman Musik dan Berkehidupan” Sejak abad ke-20, istilah ini sering digunakan untuk menamai berbagai festival atau konser yang khusus menampilkan karya-karya Schubert.
 
Jadi, Schumanniade diartikan sebagai pementasan karya-karya Schumann yang dirayakan bersama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada pukul 19.30 konser dibuka dan dimulai dengan lagu Indonesia Raya yang memang tidak pernah absen di setiap gelaran konser. Konser ini diaba langsung oleh oleh Budi Utomo Prabowo bersama pianis terkenal Harimada Kusuma.
 
Lagu Robert Schumann dibawakan dengan konserto piano dalam A minor, Op.54 dan simfoni kedua dalam C mayor, Op.61.
 
Adi Morag membawakan Octobones untuk Dua Marimba rearansemen oleh Alfin Satria & Algi Dilanuar. Sementara Mochtar Embut dengan Suita Kaliurang.
 
Acara ini diapresiasi oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan dihadiri langsung oleh Sandiaga Uno. Anies mengharuskan JCP menjadi salah satu bentuk pariwisata Jakarta.
 
“Dalam rekam jejak dua tahum, JCP telah membuktikan diri sebagai orkes simfoni yang mampu menampilkan permainan bagus dan memperoleh simpati dari banyak penonton setia pada setiap konsernya. Saya berharap tahun ini kita dapat mengangkat JCP satu tingkat lebih tinggi lagi. Selain menjadi orkes simfoni terbaik di Indonesia, JCP juga harus menjadi bagian dari agenda pariwisata ibukota, simbol Jakarta sebagai metropolitan yang mempunyai tingkat peradaban baik, sekaligus kebangaan warga Jakarta,” ujar Anies.
 
Antusiasme masyarakat pada Jakarta City Philharmonic (JCP), sebuah konser klasik begitu tinggi, melihat setiap konser demi konser jumlah penontonya terus meningkat hingga di luar kapasitas. Sebanyak 2.000 orang registrasi daring untuk konser JCP edisi #20 sementara di Gedung Pertunjukan Teater Jakarta kapasitasnya hanya untuk 1.200 penonton.
 
“Konser perdana JCP diselenggarakan pada bulan April, masih bernaung di teater Jakarta Taman Ismail Marzuki yang mampu menampung 1.200 penonton,” Ujar Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta, Anto Hoed di Teater Jakarta, Raman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif