Marjinal (Foto: instagram)
Marjinal (Foto: instagram)

Mike Marjinal: Tidak Ada Ideologi Punk!

Medcom • 30 Agustus 2022 17:27
Jakarta: Di zaman yang semakin maju dengan segala perkembangannya, Mike Marjinal mengaku bahwa punk akan tetap relevan di tengah masyarakat hingga kapanpun jika ideologi punk yang digunakan adalah menjadi diri sendiri.
 
Punk dengan ideologi dan segala ciri khasnya seperti musik, gaya rambut, pakaian, sepatu, dan aksesoris yang menempel di tubuh menjadi sebuah pertanyaan apakah masih relevan dalam kehidupan saat ini. Mike Marjinal pun menjawab pertanyaan itu. Menurutnya ideologi punk akan mampu dipertahankan dan relevan jika tidak hanya menjadi sebuah pengikut melainkan menjadi diri sendiri.
 
“Apapun itu ideologinya bagi Mike itu hanyalah sekadar referensi, ideologi kan sebuah ide yang kemudian itu dikukuhkan dari satu pemikiran subjektif. Bagi Mike itu, aku juga adalah seseorang yang memang juga tidak berubah dan tidak berbeda dengan seseorang yang katanya membuat ideologi itu. Artinya apa alasan ku harus mengikuti ideologi dia? Ketika aku punya diriku sendiri,” jelas Mike Marjinal dalam acara Shindus Scoop di medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mike menegaskan bahwa punk bukanlah sebuah ideologi, melainkan tempat yang membawa seseorang untuk menjadi diri sendiri.
 
“Makanya dalam punk itu sebenarnya, tidak ada ideologi punk, yang ada punk itu hanya menjadi diri sendiri. Jadilah dirimu sendiri. Kalau pada akhirnya membicarakan ideologi punk menjadi diri sendiri, maka setiap orang punya ideologi,” lanjut Mike.
 
Untuk menjawab apakah relevan punk di zaman ini, Mike dengan tegas menjawab bahwa punk masih relevan sampai kapanpun karena akan ada orang-orang yang membawa dirinya menjadi diri sendiri.
 
“Ya sangat relevan, sampai kapanpun itu akan ada orang-orang yang membawa dirinya menjadi diri sendiri, dan itulah punk,” tegas Mike.
 
(Eka Putri Wahyuni)
 
 
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif