Wendi Putranto (Foto: Medcom)
Wendi Putranto (Foto: Medcom)

Sejumlah Acara Batal, Mungkinkah Ada Bantuan untuk Pekerja Seni?

Hiburan Artis dan Virus Korona
Cecylia Rura • 27 Maret 2020 22:00
Jakarta: Program Director M-Bloc Space Wendi Putranto menjabarkan niat untuk membantu seniman di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disebut Wendi tengah mendata pelaku industri hiburan untuk diberi bantuan tunai.
 
Wendi menjabarkan langkah itu dalam diskusi online Dampak Pandemi pada Para Pelaku Industri Kreatif di Zoom Meeting dipandu Edy Khemod pada Jumat, 27 Maret 2020.
 
"Kebetulan kita lagi ada hubungan dekat sama Kemendikbud. Jadi saat ini kita lagi mendata, khususnya Dirjen Kebudayaan mereka mendata yang dikhawatirkan musisi yang lain, kru panggung, teknisi, berdasarkan honor hariannya lagi kita data," kata Wendi Putranto.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada rencana dari (Dirjen Kebudayaan) Kemendikbud memberikan sentimen, upaya memberikan bantuan tunai langsung kepada para pekerja kreatif," lanjutnya.
 
Skemanya, form akan diberikan kepada masing-masing manajemen artis dengan rincian berapa orang pekerja harian dalam tim. Termasuk di sini kru teknisi panggung yang berhubungan dengan band.
 
Pengamat musik yang juga manajer band Seringai itu mengatakan, hal ini diupayakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud. "Semacam, kita kasih namanya dana solidaritas kreatif," kata Wendi.
 
Bantuan dana ini rencananya dijalankan berbeda di setiap kota. Sejumlah kota akan dikaji kembali.
 
"Ini yang dicari solusinya secepat mungkin. Maret hingga April bisa bertahan hidup, makan, beli susu anak, berobat, bayar tagihan yang masuk bisa tertutup. Itu bisa jadi solusi menarik. Ini lagi diteruskan," kata Wendi.
 
Rencana ini masih terus dikaji. Senin mendatang akan dirapatkan untuk menghasilkan keputusan baru.
 
"Senin akan ada meeting lewat Zoom. Masing-masing komunitas akan memberikan datanya," kata Wendi.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif