SoftAnimal (Foto: dok. SoftAnimal)
SoftAnimal (Foto: dok. SoftAnimal)

Hukum Rimba, Lagu Berbahasa Indonesia Pertama dari SoftAnimal

Hiburan Musik Indie
Medcom • 15 September 2019 15:16
Jakarta: Setelah sukses merilis EP yang berjudul Nanook pada tahun 2018, Bayu Adisapoetra kembali merilis satu lagu lewat proyek musik SoftAnimal yang berjudul Hukum Rimba. Lagu ini merupakan singel pertama SoftAnimal yang menggunakan bahasa Indonesia.
 
"Lagu ini saya tulis pada akhir tahun 2018, ketika pada saat itu saya baru saja kehilangan satu personel Elephant Kind, saya cukup sedih karena pada saat itu kita sedang menuju jalan yang sangat baik," kata Bayu.
 
Secara musikalitas, lagu ini cukup berbeda dari karya-karya yang sudah dikeluarkan oleh SoftAnimal sebelumnya. Elemen folk, rock dengan balutan notasi nuansa India cukup kental dalam Hukum Rimba, namun ciri khas SoftAnimal tetap kuat yaitu dari tarikan vokal yang diciptakan Bayu Adisapoetra.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin membuat satu lagu yang memberikan semangat dan pesan positif, kalau pada akhirnya semua akan baik-baik saja, oleh karena itu saya langsung menulis lagu ini," ujar Bayu.
 
Bekerja sama dengan Wisnu Ikhsantama (.Feast, Glaskaca, Reality Club) yang ditunjuk sebagai produser, mixing & mastering engineer yang berhasil membawa lagu ini ke dimensi yang cukup berbeda. Dibantu juga oleh musisi-musisi muda yang handal seperti Panji Singgih, Natasha Udu, Geraldo Oryza, dan Ahmad Fadhil yang berhasil membuat lagu ini menjadi sangat segar.
 
Untuk visual, Bayu Adisapoetra masih bekerja sama dengan Bagoes Tresna Adji sebagai Director of Photography dan Ganidra Rai sebagai Visual Artist yang sebelumnya bekerja sama di Elephant Kind. Keduanya meramu apa yang ingin Bayu sampaikan secara visual, dan berhasil membuat Hukum Rimba menjadi satu kesatuan unit yang sangat fresh untuk dilihat dan didengar.
 
Video Lirik Hukum Rimba sudah tayang dan dapat dinikmati di IGTV @iamsoftanimal pada Rabu, 11 September 2019, dan beredar di kanal-kanal musik digital pada Jumat, 13 September 2019.
 
Bayu Adisapoetra adalah drummer dari grup musik indie pop asal Indonesia, Elephant Kind yang berdiri sejak 2013. Namun, pada akhir 2018 salah satu anggotanya Dewa Pertama, dinyatakan vakum dan digantikan oleh Kevin Septanto sebagai multi instrumen.
 
(Azhar Bagas Ramadhan)
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif