Erwin Gutawa dan Yura Yunita (Foto: instagram)
Erwin Gutawa dan Yura Yunita (Foto: instagram)

Erwin Gutawa Gandeng Yura Yunita Hidupkan Kembali Musik 80an

Hiburan erwin gutawa yura yunita
Elang Riki Yanuar • 19 September 2021 07:00
Jakarta: Erwin Gutawa punya kejutan baru. Dia berkolaborasi dengan penyanyi Yura Yunita menghidupkan kembali salah satu lagu terkenal di era 1980an berjudul "Tak Kuduga".
 
"Tak Kuduga" merupakan lagu yang dulu diciptakan Erwin Gutawa dan Lulu Gutawa. Lagu yang dulu dipopulerkan Ruth Sahanaya ini pernah meraih sejumlah penghargaan, termasuk BAS Awards.
 
Di versi terbarunya, Erwin menghadirkan aransemen lebih segar tanpa menghilangkan unsur nostalgia. Lagu ini diproses mixing oleh Eko Sulistiyo dan mendapat sentuhan proses audio mastering oleh Chris Gehringer, seorang penata suara ternama dari Amerika yang termasuk dalam nominasi Grammy Awards.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski musisi senior, Erwin tetap mengamati tren musik terbaru saat ini yang banyak memasukkan unsur tahun 1980. Erwin melihat hal itu di lagu-lagu terbaru Bruno Mars dan Dua Lipa.
 
"Mungkin cycle musik, selang beberapa dekade, itu memang ada lewat orang tua, lingkungan, dan sebagainya. Lewat teknologi digital, anak muda pun bisa punya referensi yang luas. Nuansa beat, melodi dan progresi chord musik 1980an memang punya ciri khas yang istimewa," kata Erwin Gutawa dalam keterangan tertulisnya.
 
Erwin memilih Yura sebagai teman kolaborasi karena dia anggap paling cocok membawakan lagu "Tak Kuduga". Setelah merilis kolaborasi dengan Yura Yunita, Erwin menyiapkan karya lain dalam waktu dekat.
 
"Suaranya khas, energinya juga sangat menular. Saya sangat excited bisa bekerjasama," ucapnya.
 
Lagu "Tak Kuduga" versi terbaru dirilis dengan versi spatial audio yang merupakan sebuah sensasi baru dalam mendengarkan musik, diproses dengan teknologi Dolby Atmos, layaknya film. Teknologi ini melibatkan penempatan sumber suara virtual di mana saja dalam ruang tiga dimensi, termasuk di belakang, di atas atau di bawah pendengar.
 
"Versi baru 'Tak Kuduga' ini diharapkan tak hanya dapat membangkitkan nostalgia, tapi juga sebagai bentuk adaptasi dan upaya melestarikan karya musik Indonesia dahulu dan kini," tutup Erwin.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif