Benny Likumahuwa (Foto: Dok. Medcom)
Benny Likumahuwa (Foto: Dok. Medcom)

Cerita Benny Likumahuwa dan Musik Tradisi

Hiburan Shindus Scoop
Medcom • 24 Oktober 2019 13:01
Jakarta: Musisi jazz Indonesia, Benny Likumahuwa berpendapat bahwa musik di Indonesia banyak yang tidak dimiliki negara lain, salah satunya gamelan. Dengan itu, dirinya pernah membawakan musik gamelan dan diperkenalkan ke Eropa.
 
"Musik tuh membentuk apa saja di Indonesia, yang di luar negeri gak ada. Makanya dulu saya pernah bikin musik gamelan, karena saya mau membuktikan ke orang Eropa, 'Gue bisa main musik lo, lo enggak bisa main musik gue,'" kata Benny pada program Shindu's Scoop, 21 Oktober 2019.
 
"Iya, jadi saya pernah buat itu (menggabungkan dengan musik tradisi) dengan Rollies. (Personel lain maunnya pakai jasa pemain musik tradisional) Terus saya bilang, 'Gak, (kita) belajar. Kamu orang Jawa masa enggak bisa main gamelan?'" Tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benny mengatakan dalam proses belajar musik tradisional itu menyambangi beberapa daerah di Indonesia untuk belajar langsung.
 
"Saya sampai ke Bali, oh begini mainnya. Di Jogja juga, jadi pas saya pulang 'Ayo kemari, kamu pegang itu, mainnya gini'. Sebenarnya semua bisa kalau kita mau pelajari, gak ada yang hebat karena bisa," ungkap Benny.
 
Awalnya The Rollies yang terbentuk di Bandung pada tahun 1967 itu, hanya ada empat personel yang digagas oleh Deddy. Nama Rollies muncul karena Deddy dan Iskandar memiliki kesamaan rambut yang keriting atau "roll," sementara Delly dan Iwan berambut lurus. Dari situ nama Rollies muncul sebagai nama band mereka.
 

 
(Azhar Bagas Ramadhan)

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif