Weird Genius dan Sara Fajira (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Weird Genius dan Sara Fajira (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Lagu Lathi dari Weird Genius & Sara Fajira Pecahkan Rekor Hindia di Spotify

Hiburan spotify
Cecylia Rura • 01 Juli 2020 07:00
Jakarta: Lagu Lathi dari Weird Genius dan Sara Fajira sukses memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu lokal dalam tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama. Lagu Lathi merajai Indonesia Top 50, bertahan selama enam minggu sejak 10 Mei 2020, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang lagu Secukupnya dari Hindia.
 
Lagu Lathi yang dirilis pada Februari 2020 mencapai popularitas perlahan, hingga naik pada Maret dan April. Tepatnya, ketika lagu Lathi masuk dalam playlist lokal populer yakni Lantai Dansa Top Hits Indonesia.
 
Tak hanya di Indonesia, lagu Lathi merajai tangga lagu di Singapura dalam Singapore Viral 50 pada Juni 2020, posisi wahid di Malaysia dalam Malaysia Viral 50 pada Mei 2020, Hong Kong, juga di Taiwan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagu Lathi juga masuk dalam Global Viral 50 Spotify dan bertahan hingga menduduki peringkat kedua. Lathi kemudian masuk dalam playlist Teen Party, daftar lagu dunia terpanas yang hingga kini memiliki 3 juta pengikut dari seluruh dunia.
 
Lagu Lathi telah didengarkan lebih dari 19,8 juta di Spotify. Antusiasme pendengar musik Lathi turut disambut baik oleh Kossy Ng, Head of Artist and Label Partnership Asia Spotify. Dia mendukung talenta musisi Indonesia dan berharap dapat menemukan bakat baru dari Indonesia.
 
"Indonesia begitu kaya akan talenta, dan kami bangga bisa mendukung musisi seperti Weird Genius yang mewakili keberagaman luar biasa serta kesenian lokal," terang Kossy Ng dalam keterangan resmi yang diterima Medcom.id, Selasa 30 Juni 2020.
 
Lagu Lathi dirilis pada 28 Februari 2020. Lathi diambil dari bahasa Jawa kuno yang berarti ucapan. Lathi sempat viral saat digunakan dalam aplikasi Tik Tok di berbagai challenge via daring.
 
Lagu Lathi memuat lirik "kowe ora iso mlayu saka kesalahan, ajining diri ana ing lathi" memiliki makna tersirat yang berarti seseorang tak bisa lari dari kesalahan. Makna ini selaras dengan pepatah "ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono" yang berarti harga diri seseorang ada di lidahnya (ucapan).
 
Weird Genius terbentuk sejak 2016 dengan pergantian personel. Semula Eka Gustiwana berkarya bersama Billy Tuner. Kemudian, formasi ini berubah dan kini digawangi Eka Gustiwana bersama Reza Arap dan Gerard Liu.
 
Sara Fajira merupakan penyanyi asal Surabaya. Dia merintis karier bernyanyi sejak lima tahun lalu bersama Boogie Band. Setelah setahun bersama, Sara Fajira ikut dalam kompetisi Just Duet di Net TV dan meraih juara dua.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif