Festival Musikal Indonesia (FMI) siap diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, pada pada 20-21 Agustus 2022 (Foto:Dok)
Festival Musikal Indonesia (FMI) siap diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, pada pada 20-21 Agustus 2022 (Foto:Dok)

Festival Musikal Indonesia Hadirkan Lakon Ken Dedes

Rosa Anggreati • 09 Agustus 2022 15:27
Jakarta: Festival Musikal Indonesia (FMI) siap diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, pada pada 20-21 Agustus 2022. Terdapat tujuh grup yang bakal pentas, yakni Artswara, EKI Dance Company, FlodanzSoka, Kampus Betawi, Jakarta Movin, Swargaloka, dan TEMAN Musicals.
 
Festival ini juga akan menampilkan Gigi Art of Dance (GAOD), Jakarta Musical Crew (Jaksical), Jakarta Performing Arts Community (JPAC), ASKARA dan Yayasan Prima Unggul (YPU), lima komunitas yang akan bermain di Panggung Karya. Pameran seminar dan workshop tentang musikal di Indonesia pun akan melengkapi festival ini. Dan tentu saja tak ketinggalan sajian kuliner khas Nusantara yang bisa dinikmati sepanjang dua hari festival tersebut.
 
Para penampil akan menyajikan kisah-kisah yang berangkat dari sejarah Indonesia. Seperti Artswara yang mengangkat "Dien", kisah kepahlawanan Cut Nyak Dien. "Dien bakal jadi pentas musikal berformat acapella," kata Executive Producer Artswara Maera Panigoro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ken Dedes” adalah lakon yang dibawakan oleh EKI Dance Company. Titien Wattimena yang menulis skenarionya, akan mengangkat sisi lain dari Ken Dedes.
 
"Kali ini Ken Dedes tak hanya berbicara tentang kisah cinta Ken Dedes dan Ken Arok yang sudah melegenda, tapi juga tentang rahasia-rahasia di balik itu, yakni ambisi, pengkhianatan, dan keberadaan seorang perempuan yang selama ini tak dibicarakan dalam kisah mereka bernama Ken Umang," kata Titien Wattimena.
 
Sedangkan Kampus Betawi menyajikan kisah cinta dan persaudaraan dalam sebuah musikal yang berjudul "Blood Brothers". Sang sutradara, Atin Supriatin, mengaku berhadapan dengan banyak tantangan dalam menggarap koreografi dalam musikal ini.
 
"Saya mengangkat sisi lain dari kehidupan seorang Jawara Wanita Betawi dengan latar belakang percintaannya dengan dua pria yang ternyata bersaudara kandung tetapi sejak lama terpisah oleh keadaan," tutur Atin Supriatin.
 
TEMAN Musicals akan mengangkat kisah seorang tokoh aktivis era transisi orde lama, Soe Hok Gie. “Konsep teatrikal musikal menggunakan teknik yang terinspirasi dari tulisan-tulisan Gie. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu berani berdiri atas nama keadilan,” kata Chriskevin Adefrid, Producer/Writer/Co-Director.
 
“Tahta Mas Rangsang” adalah musikal yang disajikan oleh Swargaloka. Karya ini akan terasa sangat kekinian dalam kemasan dan penampilannya tanpa meninggalkan tradisi yang telah menjadi signature Swargaloka selama ini. "Kami mencoba menempatkan pendekatan tradisi dalam balutan industri musikal yang dapat diterima oleh Zaman," kata Bathara Saverigadi Dewandoro.
 
FlodanzSoka yang mengkhususkan diri dalam menggarap tradisi Flores dan wilayah NTT lain, mengusung lakon “Teka Iku Bo’a Ga’i” sosok pejuang Flores yang melawan penjajah. “Lewat koreografi dan dramaturgi kami akan membawa roh perjuangan di masa itu untuk penonton masa kini,” kata Aidil, sutradara FlodanzSoka.
 
Sedangkan, Jakarta Movin menghadirkan “9 Sembilu” yang mengangkat petikan peristiwa awal tahun 2020, yaitu perjuangan sembilan perempuan asal Kendeng yang menolak pembangunan pabrik semen di desa mereka. “Kami menyuarakan perjuangan perempuan atas tanah mereka,” ujar Barly Amandita dan Pradipta Kartika, selaku produser dan sutradara.
 
Festival Musikal Indonesia merupakan festival musikal pertama di Indonesia yang direncanakan akan hadir sebagai festival tahunan. Diharapkan Festival Musikal Indonesia menjadi festival yang dapat mengapresiasi kerja pelaku seni yang terlibat dalam pertunjukan musikal dari seluruh penjuru Indonesia.
 
Tiket Festival Musikal Indonesia dapat diperoleh tanpa biaya (gratis) mulai 8 Agustus melalui loket.com. Ikuti info terkini Festival Musikal Indonesia melalui akun Instagram @festivalmusikalid.
 
(ROS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif