Skrillex (Foto: Grammy.com)
Skrillex (Foto: Grammy.com)

Lagu Skrillex Terbukti Ampuh Usir Nyamuk Demam Berdarah

Hiburan musik internasional
Agustinus Shindu Alpito • 02 April 2019 12:17
Jakarta: Para nyamuk nampaknya "pusing" jika mendengar musik elektronik, khususnya dubstep. Hal itu dikemukakan dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Acta Tropica.
 
Inti dari penelitian itu adalah membuktikan bahwa gelombang suara adalah hal yang krusial bagi reproduksi, pertahanan dan keberlangsungan populasi hewan. Kemudian peneliti menggunakan sampel musik dubstep, khususnya dari Skrillex.
 
"Pada serangga, getaran frekuensi rendah memfasilitasi interkasi seksual, sedangkan suara bising mengganggu persepsi sinyal dari spesies yang sama," kata peneliti, seperti dilansir dari BBC.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian dilakukan dengan objek nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah. Nyamuk-nyamuk itu diperdengarkan track Scary Monster And Nice Sprites dari Skrillex. Track ini dipilih karena memuat frekuensi rendah dan tinggi sekaligus.
 
Para nyamuk betina yang mendengar lagu itu "pusing" dan lebih jarang melakukan gigitan pada manusia. Selain itu, para nyamuk yang terpapar musik dubstep lebih jarang melakukan hubungan seksual.
 
"Observasi menunjukkan bahwa musik menunda serangan nyamuk, mengurangi frekuensi nyamuk mengonsumsi darah, mengganggu perkawinan dan musik menjadi proteksi personal terhadap penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes," tulis penelitian itu.
 
Jadi, selain membawa obat anti-serangga atau lotion anti-nyamuk, speaker nirkabel jadi salah satu hal yang wajib dibawa saat berlibur di alam terbuka.
 

 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif