Hasil manipulasi foto Blackpink ditangkap polisi syariah Aceh karya seniman visual Agan Harahap (Foto: Instagram @aganharahap)
Hasil manipulasi foto Blackpink ditangkap polisi syariah Aceh karya seniman visual Agan Harahap (Foto: Instagram @aganharahap)

Cerita Blackpink "Ditangkap Polisi Syariah"

Hiburan k-pop
Purba Wirastama • 14 Januari 2019 08:20
Yogyakarta: Sepekan jelang konser grup K-Pop Blackpink di Indonesia, seniman visual Agan Harahap membuat karya foto yang menampilkan keempat personel, tetapi dalam situasi tidak lazim. Dalam foto tersebut, tampak Jennie dan kawan-kawan "diciduk" petugas wilayatul hisbah atau polisi syariah Aceh. 

Dalam pose bergaya dan mengenakan baju hitam, tampak Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose duduk di kursi belakang mobil pickup. Dua petugas menjaga mereka di bak belakang. Seperti biasa, Agan menyertakan narasi rekaan atas karya fotonya.

"Polemik petisi perihal kostum dan penampilan Blackpink di iklan salah satu merek waralaba online ternyata berbuntut panjang," tulis Agan dalam postingan foto Instagram pada Minggu pagi, 13 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Sesi latihan, yang sedianya dilakukan untuk mempersiapkan konser mereka minggu depan, terpaksa harus terhenti di tengah jalan karena Blackpink terpaksa harus dijemput oleh petugas guna memberikan keterangan." Agan juga menuliskan dialog rekaan berbahasa Jawa. Dalam cerita fiksi itu, Jennie mengaku dijemput petugas saat sedang makan gorengan dan Jisoo tidak menolah ditangkap karena terpesona ketampanan sang petugas.

"Setelah menjawab sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan petugas, Blackpink akhirnya diizinkan pulang," tutup Agan disertai keterangan bahwa ceritanya akan bersambung dan tagar #VisitIndonesia2019. Agan bahkan menandai akun resmi Blackpink dalam postingan ini.

Agan dikenal sebagai seniman visual yang kerap membuat karya manipulasi foto berbagai selebritas dan pesohor dunia, mulai dari Katy Perry, Gal Gadot, Snoop Dogg, serta para presiden seperti Donald Trump, Kim Jong Un, dan Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. 

Tidak jarang, karya foto atau cerita buatan Agan ditanggapi sejumlah orang sebagai "kebenaran". Karya-karya Agan telah dipamerkan di sejumlah pameran seni. Dia kerap disebut sebagai artis visual yang bermain-main dengan realita dalam era post-truth.

Sementara itu, Blackpink melanjutkan tur konser sejak 11 Januari lalu dan akan mampir ke Indonesia untuk agenda konser pada 19-20 Januari 2019.

 


(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi