Marjinal (Foto: instagram)
Marjinal (Foto: instagram)

25 Tahun Berkarya, Mike Pastikan Perjalanan Marjinal Masih Panjang

Medcom • 30 Agustus 2022 19:00
Jakarta: Telah 25 tahun grup musik Marjinal hadir dalam kancah punk Indonesia. Dalam perjalanan panjangnya, Marjinal terus memaksimalkan apa yang dapat dilakukan. Grup musik ini pun bersyukur atas masalah yang datang sehingga melahirkan sebuah karya.
 
Mike mengatakan bahwa Marjinal telah berusaha memaksimalkan apa yang dapat dilakukan dari segala sesuatu yang datang, terutama masalah yang datang. Mike yang mewakili Marjinal pun bersyukur atas masalah-masalah yang datang, dari masalah tersebutlah yang akhirnya menciptakan sebuah karya.
 
“Dalam segala pencapaianya, kita selama ini hadir ya untuk bagaimana memaksimalkan minimal yang kita punya dari segala sesuatu yang kemudian itu disematkan kepada kita. Baik itu masalah dan segala hal. Sampai saat ini kita sudah melahirkan beberapa karya dalam bentuk album, bahkan sampai dua album dirilis di Jepang. Selain kita bersyukur dikasih masalah, ya paling harapannya terus dikasih masalah saja biar bisa terus berkarya,” ungkap Mike Marjinal dalam acara Shindus Scoop di medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski telah menginjak 25 tahun perjalanan, Mike mengaku Marjinal belum dekat dengan muara perjuangan, namun dirinya dan personel lainnya menilai semakin butuh lebih banyak belajar dan lebih banyak hadir di tengah masyarakat.
 
“Ya, justru semakin butuh belajar lagi, butuh hadir lagi di kantong-kantong atau di ruang-ruang yang ada di masyarakat di sana, justru kita sadar kita harus turun ke masyarakat lebih banyak lagi. Karena kita sadar sekali, pertemuan tadi akan jadi suatu perjalanan yang itu muaranya soal apa yang menjadi ekspektasi atau keinginan kita,” jelas Mike.
 
Memulai karir di tahun 1997, perjalanan grup musik Marjinal itu tak bisa dibilang sebentar. Telah banyak yang dilalui hingga menciptakan karya yang mendunia. Diketahui Marjinal pernah manggung di negara-negara besar seperti Belanda, Jerman, Jepang, hingga Rusia.
 
Bahkan salah satu lagu Marjinal pernah dicover oleh band punk asal Jepang, Ballad Shot. Lagu yang dicover oleh Ballad Shot adalah lagu yang berjudul 'Rencong Marencong'.
 
(Eka Putri Wahyuni)
 

 
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif