BEKraf dan Miles Films Gelar Sayembara Mencari Lagu Anak

Purba Wirastama 16 April 2018 19:05 WIB
musik indonesia
BEKraf dan Miles Films Gelar Sayembara Mencari Lagu Anak
Jumpa pers Kulari ke Pantai di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin, 16 April 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) bekerja sama dengan produser film Kulari ke Pantai, Miles Films mengadakan Lomba Cipta Lagu Anak 2018 bagi publik. Lima lagu terpilih akan dirilis dalam album kompilasi Kulari ke Pantai.

Menurut keterangan pers yang diterima Medcom.id, kontes ini merupakan tindak lanjut atas keprihatinan dan ajakan Presiden Joko Widodo untuk menggalakkan kembali lagu anak-anak. Hal ini disampaikan Presiden dalam pertemuan dengan Kepala BEKraf Triawan Munaf dan produser dari Miles, Mira Lesmana.

"Harapannya, Lomba Cipta Lagu Anak 2018 ini dapat memicu kreativitas dan produktivitas masyarakat dan pelaku industri musik untuk menghasilkan lagu anak-anak yang berkualitas," kata Triawan.


BEKraf membungkus kontes ini dengan film anak-anak dan mengajak kerja sama Miles bersama film Kulari ke Pantai yang kini sedang dalam tahap produksi. Menurut Triawan, Mira dan Riri Riza duo sineas terbukti telah menghasilkan film anak-anak sukses.

Selain Miles, BEKraf juga menggandeng International Design School (IDS) Jakarta sebagai rekan kerja sama. Managing director IDS Roy Adimulyo menyebut lomba ini bisa menjadi titik awal bagi peminat seni kreatif untuk memulai karier di industri kreatif.

Ada lima tema yang bisa dijadikan panduan bagi lirik dan lagunya, yaitu keindahan alam, keluarga, liburan, petualangan, dan persahabatan. Kelima tema ini juga mengemuka dalam kisah di film Kulari ke Pantai.

Contoh lagu dari peserta akan diseleksi oleh panitia terlebih dulu. Baru setelah itu ada penilaian dari dewan juri yang terdiri dari Triawan, Mira, Riri, Aksan Sjuman, serta trio RAN Rayi, Asta, dan Nino. Dua pemenang pilihan juri dan pilihan publik akan mendapat hadiah uang tunai dari Miles.

Kemudian lima lagu terpilih akan dimasukkan ke album kompilasi musik keluaran Miles. Album ini akan dirilis secara fisik dalam CD cetak terbatas dan secara digital melalui unduhan gratis.

Sejauh ini sudah ada beberapa stasiun radio yang akan bekerja sama memutarkan lima lagu pilihan tersebut. BEKraf dan Miles juga membuka kemungkinan kerja sama dengan label komersial untuk lagu-lagu kiriman peserta yang tidak masuk album kompilasi.

Pendaftaran lomba dibuka mulai Senin, 16 April 2018 dan akan ditutup pada Selasa, 15 Mei 2018. Peserta mengirimkan contoh lagu dalam format mp3 lewat surat elektronik. Informasi selengkapnya dapat disimak di situs resmi kularikepantai.com.


 



(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id