Bens Leo (Foto: Facebook)
Bens Leo (Foto: Facebook)

Almarhum Bens Leo Dikenal sebagai Pribadi yang Santun

Hiburan bens leo musisi meninggal Bens Leo meninggal
Medcom • 29 November 2021 12:38
Jakarta: Industri musik Indonesia sedang berkabung atas kepergian pengamat musik serta jurnalis Bens Leo, pada Senin, 29 November 2021. Bens Leo sempat terserang virus covid-19 dan mendapat perawatan intensif sebelum akhirnya meninggal.
 
Wartawan senior Ipik Tanoyo, sahabat sekaligus mantan rekan kerja almarhum Bens Leo mengenang masa lalunya bersama almarhum Bens Leo dalam wawancara eksklusif bersama Medcom.id.
 
Ipik mengenal Bens ketika bertemu di acara Pesta Folk Song se-Jawa yang diselenggarakan oleh majalah Aktuil pada 35 tahun yang lalu. Menurutnya, Bens merupakan pribadi yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya bertemu pertama kalinya di Bandung, 35 tahun yang lalu dalam acara Pesta Folk Song se-Jawa yang digelar oleh majalah Aktuil. Orangnya sangat baik, sangat santun dan bahasa Indonesia-nya tertata rapi. Kami sering bertemu di setiap acara musik, film, dan budaya di Jakarta.” kata Ipik.
 
Keduanya diketahui merupakan wartawan majalah musik Aktuil dari wilayah yang berbeda. Ipik merupakan wartawan Aktuil yang bertugas untuk meliput ragam agenda terkait musik di daerah Yogyakarta, sedangkan Bens merupakan wartawan Aktuil yang bertugas di Jakarta.
 
Di samping berkarier sebagai jurnalis, Bens Leo sempat menjadi manajer band Kahitna. Bens turut membantu kelahiran album debut Kahitna, Cerita Cinta, pada 1993.
 
Bens Leo diketahui juga turut mendirikan majalah musik bernama Newsmusik, dan sempat bekerja di majalah Gadis, karier jurnalistik Bens Leo berakhir di majalah Aneka Yess!
 
Bens Leo sempat mengabadikan kisah perjalanannya sebagai jurnalis dalam buku Jurnalisme Musik Aktuil, yang diterbitkan oleh Hengky Herwanto. lewat Museum Musik Indonesia.
 
“Bens mendirikan majalah Newsmusik, membantu Gadis, dan terakhir di Aneka Yess! Sedangkan saya loncat-loncat ke majalah Selecta, Harian Prioritas, Bali Post, dan kini di Jatakartanews.com,” lanjutnya.
 
Puluhan tahun menjadi jurnalis di industri hiburan, khususnya musik, membuat Bens dikenal juga sebagai pengamat musik. Bens Leo juga langganan menjadi juri berbagai festival musik. Sebelum berpulang, Bens sempat menjadi juri di Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII. di Sorong, Papua, pada awal November 2021, dan Festival Musik Keroncong 2021, di Solo. 
 
Sementara itu, Bens Leo dinyatakan meninggal dunia di umur 69 tahun pada Senin, 29 November 2021. Bens tutup usia setelah berjuang melawan covid-19 di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta.
 
(Aulya Syifa)
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif