Jumpa pers Musikal Ken Dedes (Foto: dok. eki dance company)
Jumpa pers Musikal Ken Dedes (Foto: dok. eki dance company)

Musikal Ken Dedes Hadirkan Kisah Tragedi Berdarah dari Sisi Berbeda

Elang Riki Yanuar • 14 Januari 2023 08:00
Jakarta: EKI Dance Company dan Ciputra Artpreneur mempersembahkan Musikal Ken Dedes. Sesuai judulnya, pentas musikal ini mengisahkan tentang Ken Dedes, seorang perempuan yang sangat berpengaruh dalam sejarah Nusantara.
 
Musikal Ken Dedes bakal digelar pada 18–19 Maret 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Pementasan ini melibatkan nama terkenal di dunia kesenian. Sebut saja seperti Rusdy Rukmarata sebagai sutradara dan koreografer, Titien Wattimena sebagai penulis naskah, Oni Krisnerwinto sebagai penata musik, dan Iskandar Loedin sebagai penata artistik.
 
"Tantangan dalam menggarap musikal ini adalah bagaimana menyajikan kisah sejarah yang tetap relevan, namun tetap aktual untuk penonton masa kini," kata Rusdy Rukmarata yang juga Direktur Artistik EKI Dance Company.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menghadirkan sejumlah bintang muda seperti Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya) dan Nino Prabowo (Kebo Ijo). Kehadiran aktor muda ini diharapkan membuat anak-anak muda ikut tertarik menonton.
 
Musikal ini digarap oleh Rusdy Rukmarata sebagai sutradara dan koreografer, Titien Wattimena sebagai penulis naskah, Oni Krisnerwinto sebagai penata musik, dan Iskandar Loedin sebagai penata artistik.
 
"Saya melihat bahwa Ken Dedes itu sebuah show yang mempunyai sejarah ya, ini sangatlah penting bagi kita sebagai bangsa Indonesia," kata Rina Ciputra Senosonoto selaku Presiden Direktur Ciputra Artpreneur.
 
Kisah tragis yang selama ini dikenal adalah Ken Arok membunuh Tunggul Ametung yang merupakan suami Ken Dedes. Ken Arok lalu merebut dan memerdekakan Tumapel dari Kerajaan Kediri. Dia lalu bertakhta sebagai raja pertama Singasari. Namun, di musikal ini Titien Watimena sebagai penulis coba menghadirkan sisi berbeda.
 
"Kalau dari cerita kita mengangkat sisi yang berbeda. Kita mencoba memotretnya selain dari sisi yang kita tahu soal kecantikan dan kekuasaan, ada juga tabungan luka yang banyak dan baru kita lihat di musikal Ken Dedes," beber Titien Wattimena.
 
"Dijamin seru. Ada perebutan kekuasaan, pembunuhan dan tentu misteri. Tapi juga ada komedinya," lanjutnya.
 
Musikal Ken Dedes Hadirkan Kisah Tragedi Berdarah dari Sisi Berbeda
Sebelumnya, versi pendek musikal Ken Dedes ini pernah dipentaskan di Festival Musikal Indonesia 2022 dan mendapat sambutan sangat meriah dari penonton.
 
Tiket pertunjukan Ken Dedes dapat dibeli di Loket.com mulai 13 Januari 2023 dengan harga mulai dari Rp 450.000. Khusus pengguna BCA (Credit Card, Debit Mastercard, Virtual Account) tersedia promo Early Bird dan promo diskon setelah Early Bird hingga 15%.
 
"Babak satu adalah cerita yang kita semua sudah tahu. Babak kedua secara sejarah itu lebih gelap, tentang keturunan Ken Dedes. Keistimewaanya itu dibangun sangat detail, karena cerita umumnya itu clear. Tapi siapa yang membunuhnya, itu yang bakal membuat penonton tegang," tutup Rusdy.
 
 
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif