Dita Karang (Foto: KProfiles)
Dita Karang (Foto: KProfiles)

Cerita Perjuangan Dita Karang, Perempuan asal Jogja yang Menembus Industri K-Pop

Hiburan k-pop
Cecylia Rura • 25 Mei 2020 07:00
Jakarta: Dita Karang melalui perjalanan panjang sebelum akhirnya menarik perhatian publik sejak debutnya bersama grup K-Pop Secret Number. Kurang lebih selama dua tahun, perempuan kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996 itu menjalani trainee di VINE Entertainment.
 
Singkat cerita, Dita Karang tertarik dengan dunia K-Pop sejak di bangku SMP. Saat itu grup 2NE1 asuhan YG Entertainment menarik perhatian Dita Karang. Dia pun melakukan banyak cover dance 2NE1.
 
Dita Karang memutuskan serius di K-Pop sejak di bangku SMA. Dia meyakinkan orangtua bahwa keputusannya adalah tanggung jawab di masa depan. Setelahnya, dia menempuh studi di American Musical and Dramatic (AMDA) College and Conservatory of the Performing Arts, New York City.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dita Karang menempuh conservatory program di AMDA selama dua tahun, tak hanya kelas menari, tetapi juga kelas akting dan bernyanyi. Lulus dari sana, dia mencoba peruntungan di beberapa perusahaan baik musical maupun broadway based.
 
Dita juga pernah mengikuti audisi di perusahaan tersohor Korea Selatan yakni SM, YG, dan JYP Entertainment. Namun, dia belum beruntung saat itu. Dita pun belajar mengikuti proyek-proyek kecil saat itu.
 
"Audisi company besar yang namanya big three aku sudah pernah ikut juga tapi enggak lolos. Terus di dance studio audisi bulanan tapi company yang lebih kecil-kecil, baru-baru," terang Dita Karang saat berbincang dengan Dian Sastrowardoyo, Minggu, 24 Mei 2020.
 
Dita Karang lalu mencoba peruntungan di VINE Entertainment. Pada audisi pertama, dia mendapat pujian tetapi tak ada kabar lebih lanjut. Dia pun memutuskan ikut menjadi bagian komunitas penari di Gangnam, 1MILLION Dance Studio.
 
"Aku pingin ikut 1MILLION Dance, sekalian aku mau audisi di company (VINE) lagi," terang Dita saat melihat peluang bagus setelah dipuji pada audisi pertama.
 
Usaha membuahkan hasil. Setelah bergabung dengan komunitas 1MILLION Dance, Dita Karang kembali mengikuti audisi di VINE Entertainment. Kali ini, Dita Karang merasa lebih diperhitungkan dan diterima.
 
"Akhirnya masuklah aku, keterima. Aku mulai training, aku juga mulai les bahasa (Korea) di sini, setiap hari," kata Dita Karang.
 
Dita Karang memulai debut bersama Secret Number dengan video musik Who Dis?. Dita bersama member lain yakni Jinny, Lea, Denise, dan Soodam menarik perhatian hingga meraih jutaan views di YouTube dalam tiga hari.
 
Grup K-Pop Secret Number sejatinya memulai debut pada Maret lalu. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat sejumlah salon dan stasiun broadcast tutup. Secret Number pun resmi memulai debut pada 19 Mei 2020.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif