Jumpa pers peluncuran tangga lagu Billboard Indonesia (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)
Jumpa pers peluncuran tangga lagu Billboard Indonesia (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Billboard Indonesia Resmikan Tangga Lagu Top 100

Hiburan musik indonesia
Dhaifurrakhman Abas • 26 September 2019 09:23
Jakarta: Billboard Indonesia resmi meluncurkan program Billboard Top 100. Ini merupakan daftar lagu mingguan paling populer di Indonesia.
 
"Ini merupakan daftar lagu favorit yang didasarkan pada penghitungan berbagai data, hingga mencetak total skor," kata Chief Operating Officer, Aldo Sianturi, saat jumpa pers di Jakarta Pusat, Rabu 25 September 2019.
 
Dia mengatakan peringkat favorit dihitung dari jumlah lagu yang paling sering didengar masyarakat tiap pekan. Metode penghitungan dinilai dari pendengaran lewat streaming musik, pemutaran radio, streaming video dan karoke.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penghitungan ini juga didasarkan pada posisi grafik mingguan," sambung dia
 
Lebih lanjut, Aldo menyebut Billboard Indonesia Top 100 hanya akan menampilkan lagu yang memiliki lirik bahasa Indonesia. Lagu asing yang menggunakan sedikit lirik bahasa Indonesia juga masuk dalam tangga lagu tersebut.
 
"Sebenarnya simpel. Yang penting liriknya ada bahasa Indonesia-nya. Baik penyanyi Indonesia maupun luar negeri," jelas Aldo.
 
Lebih lanjut, Aldo berharap kehadiran Billboard top 100 memberikan nilai ekonomi bagi industri musik Indonesia. Dia juga ingin  gebrakan ini bikin musisi berlomba menciptakan lagu dengan lirik bahasa Indonesia.
 
"Musik Indonesia sangat beragam dan maju dengan banyak genre yang setiap hari rilis, kualitas musik yang dihasilkan musisi Indonesia juga luar biasa," ungkap Aldo.
 
Hal itu dibenarkan penyanyi Rian Ekky Pradipta. Vokalis grup musik d'Masiv itu menyebut Billboard Indonesia Top 100 ampuh mendorong semangat musikus berkarya lebih baik.
 
"Dulu, saya senang banget kalau ngelihat lagu band yang saya nongol di chart. Apalagi, kalau band saya sendiri ada di sana," katanya.
 
Rian menambahkan, kehadiran tangga lagu seperi Billboard Top 100 bisa menjadi penilaian musikus terhadap lagu yang mereka ciptakan. Meskipun, kata dia, lagu yang tidak masuk Top 100 bukan serta merta tidak bagus.
 
"Ini bisa hadi penilaian apakah lagu kami disenangi masyarakat atau enggak. Semoga, itu bisa jadi angin segar juga untuk para musikus," tandas Rian.
 
Kehadiran Billboard Top 100 juga disambut Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Katanya, ini upaya yang baik dalam ekosistem musik Indonesia.
 
"Semoga ini bisa bantu para artis menilai rangking penjualan lagu. Juga menjadi upaya mendata dan mendokumentasikan musik Indonesia," tandas Triawan.
 


 
 
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif