Ari Lasso bersama Once dalam konser reuni Dewa 19 di Synchronize Festival 2018 (Foto: Shindu Alpito)
Ari Lasso bersama Once dalam konser reuni Dewa 19 di Synchronize Festival 2018 (Foto: Shindu Alpito)

Ari Lasso Blak-blakan Soal Fase Keluar dari Dewa

Hiburan ari lasso
Kumara Anggita • 01 Juli 2019 14:00
Jakarta: Terdapat fakta menarik di balik keluarnya Ari Lasso dari grup band Dewa. Salah satunya soal adiksi obat terlarang.
 
Melalui program #NGOBAM yang tayang pada saluran YouTube pemandu acara dan penyiar radio Gofar Hilman, Ari blak-blakan tentang apa yang terjadi pada akhir era 1990-an itu.
 
“Gue mulai parah, adiksi gue parah,” kata Ari.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adiksi itu membuat Ari sulit mengendalikan diri. Terlebih untuk tanggungjawabnya sebagai vokalis Dewa. Padahal, pada waktu itu Dewa sedang menyiapkan materi untuk album baru.
 
“Komplikasi gue parah banget dan akhirnya Dhani, gue inget banget sore magrib (dihubungi). Kita, gue dan dhani, tidak pernah konflik. Dia cuma bilang, 'Ri kalau kamu terus-terusan begini, kamu bisa kayak Aksan (dikeluarkan), loh nanti.' Ok gue minta waktu,” katanya.
 
Ari pun mengaku sempat rekaman lima lagu sebelumnya akhirnya "menghilang."
 
“Ketika berjalannya (rekaman) album (baru) itu, gue sudah rekaman Elang, Persembahan dari Surga, Lagu Cinta, Roman Picisan, Cinta adalah Misteri,” katanya.
 
“Tiba-tiba Dhani bilang, 'RI kita buat konsep baru saja ya selama kesehatan lo belom balik.' Kita pakai dua vokalis,” kata Ari menirukan Dhani.
 
Keputusan ini dianggap Ari sebagai pelanggaran perjanjian Dewa. Ari pun ingin tahu siapa vokalis yang disebut Dhani itu. Ari kemudian diperdengarkan suara rekaman Once.
 
“Siapa yang ganti gue tanya. (Kemudian) diputerin Once. Wah keren banget gue bilang dalam hati,” katanya.
 
Melihat kualitas Once, Ari pun merasa tenang menghilang dari Dewa. Dia pergi ke Surabaya menikah dan melanjutkan hidup.
 
“Gue sayang banget sama Dewa. Ini yang gue bangun dari awal tapi gue juga harus menyelamatkan nyawa gue waktu itu karena gue parah. Bangkrut, parah, adiksinya parah. gue bilang ‘ini bisa gantiin gue’ aman Dewa. Gue kabur ke Surabaya. Menghilang saja. Gue menikah. (Tahun) 1999, Februari. Sejak saat itu gue tidak bisa dihubungi,” ucapnya.
 
Pikiran Ari terbukti, Dewa baik-baik saja bersama Once. Dari rekaman 5 lagu yang dia jalani sebelum "menghilang," hanya Elang dan Persembahan dari Surga yang dirilis. Keduanya masuk dalam album The Best of Dewa.
 
Pada tahun 2000, Dewa tampil untuk pertama kalinya merilis album dengan vokalis baru. Album berjudul Bintang Lima itu berhasil melejitkan nama Once, sekaligus membuktikan Dhani sebagai salah satu penulis lagu terbaik di negeri ini.
 

 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif