Pertama Kali, Indonesia Bergabung ke Pasar Musik Cannes MIDEM 2018
Indonesia Bergabung ke Pasar Musik Cannes MIDEM 2018 (Foto: Medcom/Purba)
Jakarta: Indonesia, lewat dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), akan mengirim sejumlah delegasi pelaku industri musik ke pasar musik internasional bergengsi di Prancis, MIDEM, pada 5-8 Juni 2018. Tahun ini adalah keikutsertaan pertama Indonesia sejak MIDEM dimulai pada 1967.

MIDEM, singkatan dari Marche International du Disque et de l'Edition Musicale, adalah pasar musik internasional dengan format bisnis ke bisnis (B2B). Ajang ini mempertemukan para pihak label, penerbit musik, distributor, musisi, produser, sineas, perusahaan teknologi, serta pembuat gim video dan animator dari seluruh dunia untuk memberi peluang kerja sama dalam berbagai bentuk.

Kehadiran Indonesia untuk MIDEM 2018 merupakan hasil kerja sama Bekraf dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Selama empat hari pameran, Bekraf akan mengenalkan musik-musik Indonesia dan tawaran bisnis musik lewat paviliun kecil 27 meter persegi.


"Bekraf mendukung kehadiran Indonesia dalam kegiatan ini sebagai salah satu langkah dalam membangun keberlanjutan ekosistem perekonomian kreatif di Indonesia, khususnya subsektor musik," kata Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2018.

Selain itu, ada sesi panel untuk Indonesia selama 30 menit. Wakil Kepala Bekraf Ricky Persik. Ricky Persik akan menjadi pembicara dan mengenalkan perkembangan musik terkini dari tanah air.

Lalu juga ada sesi speed business meeting yang akan diikuti oleh sembilan pelaku kreatif bidang musik. Ada ASIRI, label musik Trinity dan Musica, Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo), promotor Berlian Entertainment, perusahaan lisensi musik Selmi, serta studio piranti keras Seruni Audio dan piranti lunak Kuassa.

Bagi Bekraf dan ASIRI, MIDEM 2018 adalah pintu untuk mengenalkan musik Indonesia ke lingkup yang lebih luas. Menurut Ketua ASIRI Gumilang Ramadhan, Eropa adalah pasar yang sulit ditembus, sama halnya seperti Amerika.

"Karena satu dan hal lain, sangat sulit untuk menembus pasar Amerika. MIDEM merupakan kesempatan untuk industri musik Indonesia menembus pasar Eropa," tukas Gumilang.

 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id