Album Ken Arok dari Harry Roesli Gang Dirilis Ulang dalam Format Vinyl

Purba Wirastama 23 Mei 2018 16:40 WIB
musik indonesia
Album Ken Arok dari Harry Roesli Gang Dirilis Ulang dalam Format Vinyl
Rock Opera Ken Arok dari Harry Roesli Gang (la munai records)
Jakarta: Kabar gembira bagi kolektor musik pemburu rilisan fisik. Salah satu album musik dari grup rock-jazz Harry Roesli Gang, Rock Opera Ken Arok baru saja dirilis ulang secara terbatas dalam format piringan hitam.

Ken Arok dirilis pertama kali pada 1977 dalam format kaset pita oleh label Eterna Records. Album ini merupakan bagian dari trilogi album Harry Roesli, selain Philosophy Gang (1973) dan Titik Api (1977).

Empat dekade berselang, giliran La Munai Records merilis ulang album ini dalam bentuk piringan hitam. Menurut keterangan pers yang diterima Medcom.id pada Rabu, 23 Mei 2018, Ken Arok hanya dicetak terbatas sebanyak 333 keping. Proses mastering album dikerjakan oleh Carvery Cuts London.


Ken Arok menjadi album kedua dari Harry Rusli yang dirilis ulang oleh La Munai. Pada Maret 2017 lalu, La Munai telah lebih dulu merilis ulang Philosophy Gang, yang dipasarkan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga beberapa negara Asia dan Eropa Barat.

Ken Arok sebenarnya adalah pagelaran musik opera pertama di Indonesia yang dipentaskan pada 12 April 1975 di Gedung Merdeka Bandung. Awalnya pertunjukan musik ini tidak hendak dirilis sebagai album tunggal. Namun dua tahun kemudian, Eterna menawarkan karya musik pertunjukan itu untuk dirilis sebagai album.

Harry Roesli Gang adalah grup musik bentukan mendiang Harry Roesli, yang bernama asli Djauhar Zaharsyah Fachrudin Roesli. Dalam pengerjaan Ken Arok, Harry Roesli melibatkan Hari Pochang, Yanto Soejono, Didi Pete, Imank, Hanny Verplak, Adhi dan Albert Warnerin dari Giant Step, Kang Entang, Kania Roesli, dan Lenny.

Salah satu lagu dari Ken Arok, Lembong, dapat disimak secara digital lewat kanal LaMunai di SoundCloud.



 



(ELG)