Rahasia di Balik Lagu-lagu Kolaborasi Afgan

Purba Wirastama 12 April 2018 21:10 WIB
afgan
Rahasia di Balik Lagu-lagu Kolaborasi Afgan
Afgan (Foto: Medcom/Purba)
Jakarta: Afgan Syahreza mulai berkolaborasi dengan penyanyi lain sejak album keempat Sides yang dirilis pada 2016. Namun menurut Afgan, para penyanyi tamu ini bergabung bukan atas rencana atau ajakannya sejak awal.

"Ya itu (kolaborasi karena) teman-teman saya. Misalnya di backstage, kami ngobrol, 'Eh kita bikin lagu yuk', akhirnya jadi kenyataan," kata Afgan kepada wartawan sebelum tampil dalam konser mini Satu Dekade di Soehanna Hall SCBD Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Para penyanyi tamu ini adalah Yura Yunita, Rayi Putra, SonaOne, dan Raisa untuk album Sides. Lalu ada Isyana Sarasvati, Rendy Pandugo, Ramengvrl, Sheila Majid, Rossa, dan sekali lagi Raisa untuk album Dekade.


Pengerjaan album keempat atau kolaborasi pertama itu pula yang menjadi titik perubahan Afgan menjadi lebih terbuka dan percaya diri. Dia mengaku masih sangat pemalu dan tertutup sejak awal karier hingga enam tahun kemudian.

Afgan menyebut bahwa lagu-lagu kolaborasinya dengan penyanyi lain terjadi secara spontan. Tak ada niat awal untuk membidik penyanyi tertentu. Dia tidak berinisiatif, tetapi merespons saja obrolan santai yang terjadi.

"Jadi kolaborasi terjadi dari sesuatu yang sangat kasual saja biasanya. Kayak sekarang ada Isyana dan Rendy, awalnya saya enggak punya niat. Kami sedang hangout bareng, tiba-tiba bikin lagu enggak sengaja. Lebih kayak karena kami berteman. Biasanya itu terjadi spontan, enggak ada niat," jelas Afgan.

Bagi penyanyi kelahiran 1989 ini, pertemanan memang sangat penting. Dia mengaku mudah berteman.

"Dari awal, kalau ada penyanyi baru, saya bukan yang enggak mau temenan. Saya gampang berteman," ucap Afgan.

"Pertemanan sangat penting buat saya," tukas Afgan.

Belum lama ini Afgan merilis album kelima, Dekade, yang merangkum perjalanan perjalanan karier dia selama satu dekade. Album ini berisi tujuh lagu lama, tiga lagu remake, dan empat lagu baru.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id