Syaharani (Foto: medcom)
Syaharani (Foto: medcom)

Musik Jazz Indonesia yang Mulai Berkembang

Hiburan ami awards musik indonesia AMI Awards 2021
Medcom • 16 November 2021 15:41
Jakarta: Ajang perhargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) yang ke-24 menambah satu kategori baru, Artis Jazz Kontemporer Terbaik ke dalam nominasi mereka. Hal tersebut dilakukan karena meningkatnya minat masyarakat terhadap musik jazz.
 
Tim sidang kategorisasi AMI Awards 2021 Syaharani menyatakan, warna musik di industri musik Indonesia saat ini sangat beragam, terutama pada musik jazz. Ini menunjukkan jika musik jazz sedang berusaha bangkit kembali di Tanah Air.
 
"Jazz yang biasanya antrenya sedikit jadi banyak banget,” kata Syaharani dalam konferensi pers.
 
AMI Awards 2021 menyediakan tiga kategori untuk nominasi bidang jazz yaitu, Artis Jazz Terbaik yang diraih oleh Dewa Budjana, Artis Jazz Kontemporer Terbaik yang diraih oleh Chandra Darusman dan Dian Sastrowardoyo, serta Album Jazz Terbaik yang dikantongi oleh Tohpati dengan album “Maru”.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perkembangan musik jazz ini dinilai sangat baik untuk industri musik Indonesia. Menurut penyanyi Eva Celia, musik jazz memang harus mampu beradaptasi dengan zaman untuk menyeimbangkan tradisi dan inovasi dalam bermusik.
 
“Jazz itu adalah it’s all about balance antara tradisi dan inovasi, masa lalu dan masa depan, kepentingan pribadi dan kepentingan kolektif, dan juga konvensional dan modernisasi,” kata Eva Celia.
 
Anak dari musisi jazz Indonesia Indra Lesmana tersebut menyatakan dirinya tumbuh besar dengan musik jazz. Hal itulah yang membuatnya belajar jika musik jazz tak hanya memerlukan kreativitas tapi juga adaptasi yang baik.
 
(Aulya Syifa)
 

 

 

 

 

 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif