Blackpink (Foto: instagram)
Blackpink (Foto: instagram)

Ulasan Video Musik How You Like That dari Blackpink

Hiburan blackpink
Cecylia Rura • 01 Juli 2020 15:47
Jakarta: Setelah tarik ulur jadwal comeback Blackpink, YG Entertainment akhirnya menepati janji melahirkan video musik terbaru How You Like That. Kali ini, Blackpink tampil dengan visual berbeda dimulai dari warna rambut yang tampak menyolok.
 
Menyoal video musik Blackpink berjudul How You Like That, tak sebombastis debut video musik mereka empat tahun lalu yakni Boombayah dan Whistle yang dirilis sekaligus pada 8 Agustus 2016. Saat itu, euforia kuartet Blackpink sebagai girlgroup kedua asuhan YG Entertainment menggema kurang lebih dalam setahun.
 
Blackpink kemudian merilis Playing with Fire, Stay, As If It's Your Last, kemudian Ddu-Du Ddu-Du yang disambut antusias berbagai usia. Lagu Ddu-Du Ddu-Du begitu meledak pada 2018. Sebab, pertengahan tahun itu Lisa Blackpink hadir kali pertama di Indonesia sebagai ambassador e-commerce di Indonesia yang meluncurkan YG Official Shopee.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah kedatangan Lisa, pada November 2018 e-commerce tersebut mengadakan acara menampilkan Blackpink di Sentul. Meski saat itu hanya memberikan dua lagu, pada awal Januari 2019, Blackpink kembali menyapa penggemar Indonesia di ICE BSD Tangerang selama dua hari. Spontan, euforia lagu Ddu-Du Ddu-Du begitu menggema.
 
Euforia Ddu-Du Ddu-Du dilanjutkan dengan YG Entertainment yang merilis debut solo Jennie melalui video musik Solo pada November 2018. Tentu ini menjadi angin segar bagi penggemar Blackpink karena ada asumsi Jisoo, Rose, dan Lisa menyusul dalam waktu dekat.
 
Sayangnya pada awal tahun 2019, nama YG Entertainment cukup tercoreng setelah skandal Burning Sun yang menyeret artis naungannya, Seungri. Santer dibicarakan Seungri mencoreng nama Big Bang hingga dia memutuskan mundur. Spontan kabar-kabar tentang Blackpink ikut kabur.
 
Membayar utang penantian Blink (penggemar Blackpink), YG Entertainment melakukan promosi rutin di media sosial menyambut video musik How You Like That nyaris sepanjang Juni 2020.
 
Dalam video musik How You Like That mencoba menciptakan nuansa tropis, juga pada bagian Lisa dengan nuansa pernak-pernik Timur Tengah atau India yang biasa disaksikan dalam kisah Seribu Satu Malam Aladdin. Menarik ketika memerhatikan bagian Lisa, yang seolah diselaraskan dengan nuansa kental Asia hingga mewarnai rambutnya menjadi hitam legam.
 
Ulasan Video Musik How You Like That dari Blackpink
(Lisa Blackpink dengan rambut hitam legam)
 
Dalam video How You Like That, tampak tiga kali pergantian warna rambut oleh keempat personel. Begitu pun dengan busana yang dikenakan. Pada outro, keempat personel Blackpink tampak mengenakan hanbok, pakaian tradisional khas Korea Selatan yang kemudian dirombak lebih modern. Potongan hanbok dibuat tampak lebih pendek. Idenya menarik, tetapi penonton mungkin baru menyadari ketika menyaksikan How You Like That berulang kali.
 

Ulasan Video Musik How You Like That dari Blackpink
(Blackpink dengan hanbok modern di video How You Like That)
 
Memang, tampaknya hanbok modern ala Blackpink terkesan modis. Sayangnya, saya kecewa ketika pakaian tradisional yang begitu tertutup dipangkas sedemikian rupa hingga tak tampak seperti hanbok. Hanbok sendiri selalu tampak sederhana yang umum dikenakan pada acara semi-formal dan formal.
 
Ulasan Video Musik How You Like That dari Blackpink
(Blackpink dengan hanbok tradisional)
 

Tradisi lain yang santer dibicarakan tentang peletakan patung suci Ganesha dalam video musik How You Like That. Sejumlah pemberitaan dari AllKpop dan Koreaboo menyebut, kini patung tersebut telah disunting oleh YG Entertainment menanggapi protes penggemar.
 
Terlepas dari perbincangan patung suci Ganesha yang kini telah disunting YG Entertainment, bagian lain yang menarik perhatian pada outro ketika Rose dan ketiga personel membawakan koreografi mereka. Dentuman ini mengingatkan saya dengan video musik 2NE1 berjudul I'm The Best yang dirilis 9 tahun lalu. Meski tak benar-benar sama, sepintas dentuman part ini terdengar sama dengan intro I'm The Best dari 2NE1.
 
Ketika video How You Like That dirilis pada 26 Juni 2020, Blackpink seperti tak lagi istimewa. Menurut saya, euforia Dita Karang asal Yogyakarta bergabung dalam Secret Number lebih mencuri perhatian pada pertengahan Mei 2020. Sebab, tak ada yang menyangka debut sebuah K-Pop menghadirkan idol murni berdarah Indonesia.
 
Kendati rasa personal saya berpendapat demikian, Blackpink secara angka views dalam YouTube yang kini menjadi salah satu barometer kesuksesan debut grup K-Pop unggul dengan 60 juta views kurang dari 24 jam. Hingga 1 Juli 2020, video musik How You Like That menduduki posisi wahid dalam trending YouTube Indonesia dengan 172 juta views lebih.
 
Setelah video musik How You Like That, YG Entertainment merencanakan album terbaru Blackpink pada September mendatang, disusul debut Rose. Meski terbilang singkat dari Juni ke September, semoga saja YG benar-benar merealisasikan rencana tersebut.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif