NEWSTICKER
Sidang kasus dugaan pelanggaran hak cipta Lagi Syantik dengan terdakwa keluarga Halilintar (foto: Medcom.id/Abas)
Sidang kasus dugaan pelanggaran hak cipta Lagi Syantik dengan terdakwa keluarga Halilintar (foto: Medcom.id/Abas)

Atta Halilintar Angkat Bicara di Persidangan terkait Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta

Hiburan Gen Halilintar
Dhaifurrakhman Abas • 24 Februari 2020 18:16
Jakarta: YouTuber Atta Halilintar menjalani sidang kasus dugaan pelanggaran hak cipta lagu Lagi Syantik di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020. Dia menjadi saksi.
 
"Saya di sini sebagai saksi dari gugatan Nagaswara untuk orang tua saya, dan adik-adik saya," kata Atta, usai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020.
 
Sidang digelar sekitar pukul 14.15 WIB. Dalam persidangan itu, Atta menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan majelis hakim maupun Nagaswara Records sebagai penggugat. Salah satunya soal keuntungan materil yang didapatkan dari cover lagu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gen Halilintar tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dari lagu yang kita cover. Karena kita tahu kalau kita cover lagu orang, kita enggak dapat keuntungan, malah kita yang harus keluarin modal," papar dia.
 
Dia juga mengakui, pihak manajemen Gen Halilintar melakukan pengubahan lirik lagu Lagi Syantik ketika mengcovernya di YouTube. Namun itu dilakukan semata-mata sebagai bentuk kreativitas sekaligus agar lirik lagu aman didengarkan anak di bawah umur.
 
"Sama sekali tidak ada niat untuk menjelekkan lagu tersebut, atau menyakiti lagu tersebut. Ini karena memang cuma untuk biar gampang dinyanyikan anak-anak dan kalau ada penonton yang anak-anak juga lebih family friendly dan lebih cocok," papar dia.
 
Tak sendirian, Atta menjadi saksi bersama adiknya Thariq Halilintar dan Jejen Jainudin selaku perwakilan manajemen Gen Halilintar. Lebih lanjut, Atta mengatakan, ini merupakan pengalaman perdananya menjalani persidangan hukum. Dia berharap sidang tersebut bisa berjalan dengan hasil yang diharapkan.
 
"Semoga sih tadi sidang berjalan lancar walaupun ada break ya. Tapi intinya di sini, kita mau ucapin terimakasih untuk majelis yang memberikan kita kesempatan menjadi saksi. Terimakasih untuk waktunya. Dan tadi kita bisa cerita langsung," tandasnya.
 
Diketahui sebelumnya, kasus dugaan pelanggaran hak cipta Gen Halilintar terjadi saat mereka membuat video cover lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah di YouTube. Namun lirik lagu tersebut diubah oleh mereka.
 
Pihak Nagaswara sebagai label musik Lagi Syantik lantas menuding Gen Halilintar melanggar hak cipta lagu yang dinyanyikan ulang Gen Halilintar di YouTube tersebut. Mereka pun digugat secara perdata dengan nominal cukup besar, yaitu Rp 9,5 miliar. Video cover lagu itu sendiri kini telah dihapus oleh mereka dari channel-nya.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif