Tengku Zulian Iskandar (paling kiri) tampil bersama The Rollies dalam Java Jazz Festival 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Tengku Zulian Iskandar (paling kiri) tampil bersama The Rollies dalam Java Jazz Festival 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Sebelum Meninggal, Iskandar " The Rollies" Sempat Manggung Dua Kali

Hiburan musisi meninggal
Purba Wirastama • 25 Maret 2019 21:32
Cimahi: Tengku Zulian Iskandar alias Iis, personel dan pendiri grup musik lima dekade The Rollies, meninggal dunia di RS Cibabat pada Minggu pagi, 24 Maret 2019. Menurut Oetje F Tekol, sahabat dan rekannya di Rollies, Iis sempat main di panggung musik Bandung sejak dua hari sebelumnya.
 
"Selama ini, dia agak lemah di jantung. Jadi kayaknya dia kena serangan jantung. Kayaknya terlalu capek," kata Oetje kepada Medcom.id saat dihubungi lewat telepon.
 
Oetje menduga Iis sangat letih setelah bermain di panggung selama dua hari terakhir. Pada Jumat, Iis bermain di Cafe Biru Bandung dan berada di sana hingga malam. Pagi hari berikutnya, dia juga datang ke acara reuni sekolah dan bermain musik di sana.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Oetje, penampilan terakhir Iis bersama Rollies adalah di panggung musik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta bulan lalu. Setelah itu, Rollies berhenti menerima tawaran main di panggung karena dua personelnya harus beristirahat. Selain Iis, Benny Likumahuwa juga masih memulihkan kesehatan setelah sakit.
 
"Kalau Rollies, memang sudah kasih tahu teman-teman, kita jangan ambil acara dulu karena iis harus istirahat dan Benny masih belum sehat. jadi, kami belum ambil acara," ungkap Oetje.
 
Iis adalah satu dari empat personel awal Rollies ketika grup ini digagas Deddy Stanzah pada pertengahan 1960-an. Awalnya Iis bermain gitar. Namun ketika unsur instrumen tiup dimasukkan ke grup, Iis memainkan saksofon.
 
Iis adalah satu-satunya pendiri Rollies yang bertahan hingga kini. Deddy mundur dari grup pada 1974 dan menghembuskan nafas terakhir pada 2001, setahun sebelum Delly menyusul kepergiaannya pada 2002. Iwan berpulang lebih dulu pada 1974.
 
Setelah Iis berpulang, sembilan personel Rollies masih aktif hingga sekarang. Ada Benny Likumahuwa, Oetje F Tekol, Jimmy Manopo, Didiet Maruto, Alfred, Masri, Hendro, Nyong Anggoman, dan Wawan Tagalos.
 
Iis meninggal dalam usia 69 tahun.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif