Bedah Musik Kebangsaan (Foto: instagram)
Bedah Musik Kebangsaan (Foto: instagram)

Musik Bisa Jadi Media Menanamkan Nilai Pancasila kepada Anak Muda

Medcom • 30 November 2022 15:12
Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar kegiatan Bedah Musik Kebangsaan di Universitas Brawijaya Malang pada, 29 November 2022. Lewat kegiatan ini, mereka ingin menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui musik
 
Malang menjadi kota kedua dari rangkaian kegiatan ini. Acara ini juga digelar di kota lain seperti Jakarta, Bali, Manado, Mataram dan Asahan.
 
Acara ini diisi dengan diskusi panel yang menghadirkan sejumlah narasumber seperto anggota Komisi 2 DPR RI Aminurrohkman, Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila Irene Camelyn Sinaga, Kepala UPT Pengembangan Kepribadian Mahasiswa, Universitas Brawijaya, Dr. Mohamad Anas, S.Fil.I., M.Phil. serta musisi Conrad GV, dengan moderator diskusi Dr. Riyanto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi terobosan dan modifikasi dari BPIP ini sudah sangat tepat, sebagai suatu pola yang cukup unik untuk mentransformasikan nilai-nilai Pancasila secara natural," kata Aminurrohkman dalam keterangan tertulisnya.
 
Acara juga turut dimeriahkan para musisi seperti Irang Arkad, Indra Sabil, Agus Hafi dan Conrad GV. Bedah Musik Kebangsaan ini sebelumnya sudah digelar di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri.
 
“Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, sosialisasi ini bisa lewat cara terkini, baik itu musik, animasi, olahraga dan kuliner, sesuai dengan keinginan kaum milenial. Selain itu kami juga mengimbau agar para mahasiswa senantiasa menggaungkan nilai luhur Pancasila lewat konten dari kegiatan ini di media sosialnya masing-masing," kata Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP M Akbar Hadi Prabowo, S.H., M.H.
 
Inisiator dan pelaksana kegiatan ini adalah BPIP, bekerjasama dengan Sinergy for Indonesia, Indonesia Care dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Kolaborasi antara Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care sebelumnya telah menelurkan satu album musik bertema kebangsaan berjudul Nyanyian Rumah Indonesia.
 
Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus dalam gerakan membangun semangat kebangsaan. Komunitas ini diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang juga merupakan produser eksekutif sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album Nyanyian Rumah Indonesia.
 
Sedangkan Indonesia Care adalah satu gerakan sosial yang dimotori oleh artis musik, pekerja seni dan praktisi dari berbagai bidang yang memiliki satu visi bersama untuk peduli dengan kondisi kebangsaan. Salah satu inisiator Indonesia Care adalah Pay Burman yang dikenal sebagai gitaris band BIP dan produser musik yang telah menciptakan banyak sekali karya musik hits di Indonesia.
 
"Lewat Bedah Musik ini saya menilai Pancasila dapat lebih diresapi secara nyata, khususnya musik, budaya pop dan aktual yang dapat lebih dimengerti generasi milenial," kata Direktur Direktorat Kerja Sama dan Internasionalisasi UB Karuniawan Puji Wicaksono, Ph.D.
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif