Penyanyi Yura Yunita (Kanan)--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.
Penyanyi Yura Yunita (Kanan)--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Yura Yunita Kesulitan Terjemahkan Lagu Merakit dalam Bahasa Isyarat

Hiburan musik indonesia yura yunita
Dhaifurrakhman Abas • 03 Desember 2019 11:34
Jakarta: Penyanyi Yura Yunita mengaku sedikit mengalami kesulitan saat menerjemahkan lagu Merakit ke dalam bahasa isyarat. Hal itu karena intepretasi bahasa yang berbeda.
 
"Bahasa isyarat sehari-hari dan untuk lagu itu beda banget. Misalnya ada lirik 'terjatuh', itu bukan terjatuh dalam arti harafiah tapi terjatuh dalam hidup, maknanya berbeda, pendekatannya menggunakan isyarat sastra," kata Yura saat berbincang dengan awak media di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Senin 2 Desember 2019.
 
Dia juga mengatakan, bahasa isyarat mesti dilakukan dengan ekspresi. Hal itu agar tempo dan emosi dari lagu Merakit tersebut dapat tersampaikan dengan baik oleh penyandang difabel khususnya teman tuli.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah rasa yang aku rasain itu sama? Menyanyi pakai bahasa isyarat itu sesungguhnya mengekspresikan lirik demi lirik," paparnya.
 
Beruntung saat itu penyanyi 28 tahun itu dikelilingi teman-teman difabel. Dia juga dibantu praktisi bahasa isyarat, Galuh Sukmara dalam menyamakan intepretasi dan makna lirik lagu.
 
"Lirik per lirik maknanya sangat dalam buat aku dan itu tidak instan dan mudah untuk membuatnya ke bahasa isyarat bersama bunda (Galuh)," ujar dia.
 
Yura pernah membawakan lagu Merakit dalam sebuah konsernya yang dihadiri 50 orang penyandang difabel. Hal itu menjadi sebuah pengalaman emosional buat dirinya lantaran lagu dan penampilannya diapresiasi dengan sangat baik.
 
"Ketika aku sudah selesai tampil, semua berdiri, beberapa nangis dan memberikan aku tepuk tangan lewat bahasa isyarat. Ekspresi teman-teman yang, enggak bisa diukir kata-kata," kenang Yura terharu.
 
Yura menyadari, musik merupakan bahasa universal untuk menyampaikan pesan, tak terkecuali buat teman-teman difabel. Sebab itu, Yura mengaku akan melakukan kolaborasi lainnya dengan para penyandang difabel.
 
"Dan aku akhirnya merasa bahwa pesan itu bisa sampai ke teman-teman tuli. Ke depannya ingin membuat lagu ke bahasa isyarat lagi," tandas Yura.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif