Konser Kidung Abadi Chrisye (Foto: MI/Ramdani)
Konser Kidung Abadi Chrisye (Foto: MI/Ramdani)

Alasan Chrisye Dipilih Menyanyikan Lilin-Lilin Kecil

Hiburan chrisye
Agustinus Shindu Alpito • 02 Februari 2017 18:31
medcom.id, Jakarta: Lagu Lilin-Lilin Kecil identik dengan Chrisye. Lagu yang diciptakan James F Sundah itu seolah tepat dibawakan oleh Chrisye, dengan karakter vokal yang khas itu. Namun, ternyata lagu itu awalnya diciptakan bukan untuk dinyanyikan Chrisye.
 
Kepada Metrotvnews.com, James selaku pencipta lagu Lilin-Lilin Kecil menceritakan bahwa awalnya lagu itu akan dibawakan penyanyi lain. Namun takdir berkata lain, Lilin-Lilin Kecil adalah jodoh Chrisye.
 
"Enggak tahu kenapa SMA 3 (Jakarta), (para musisi) Pegangsaan, sama radio Prambors, itu seperti segitiga, punya koneksi. Setelah saya ikut lomba cipta lagu di Prambors, lagu Lilin-Lilin Kecil menang. Awalnya Lilin-Lilin Kecil dinyanyikan oleh pemenang kompetisi menyanyi waktu itu. Suara pemenangnya memang terbaik, tetapi terlalu berat. Akhirnya Mas Sys NS menyarankan untuk dinyanyikan Chrisye," kisah James.

Lilin-Lilin Kecil masuk dalam album LCLR (Lomba Cipta Lagu Remaja) yang digagas radio Prambors, dan dirilis pada tahun 1977. Album itu melibatkan penata musik Yockie Suryoprayogo. 

Momen rekaman Lilin-Lilin Kecil menjadi momen penting bagi James dalam mengenal Chrisye.

"Sebenarnya yang ajaib dari Mas Chrisye, timbrenya tidak terlalu tebal, tetapi punya tekstur, akhirnya dia rekaman dua kali dan suaranya disatukan agar terdengar lebih tebal. Ajaibnya, dia bisa membuat rekaman vokal dua kali terdengar sama persis. Dia bisa mengikuti trek rekaman pertama, mulai dari nafasnya, cengkoknya terdengar persis," kenang James.

Sosok Chrisye akan diangkat ke dalam film biopik dengan judul Chrisye. Aktor Vino G Bastian dipilih memerankan sosok penyanyi ikonik itu. Sesi syuting film Chrisye akan dimulai pada 7 Februari mendatang.


 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif