Simak Luapan Semangat pada Lagu Tema Asian Games 2018

Purba Wirastama 13 Mei 2018 10:47 WIB
asian games 2018
Simak Luapan Semangat pada Lagu Tema Asian Games 2018
Atlet Wushu memperagakan sejumlah gerakan di sela peluncuran logo Asian Games 2018 (Foto: Antara/M.Agung Rajasa)
Jakarta: Musica Studios merilis lagu tema asli untuk ASIAN Games 2018, ajang olahraga terbesar di Asia yang kali ini digelar di Indonesia. Lagu berjudul Janger Persahabatan ini dimainkan oleh NEV+ (Nidji Electronic Version Plus) bersama Dea Dalila dan Ariel "Noah".

Lagu diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra dengan produser para personel NEV+. Liriknya bicara tentang optimisme menatap masa depan dan rasa persatuan dalam menghadapi tantangan. Menurut Guruh, kata "janger" yang mana adalah nama tarian dari Bali, tidak punya makna di lagu ini selain merujuk ke persatuan yang dibawa oleh tarian tersebut. 

"Banyak orang bertanya, apa artinya Janger. Janger itu enggak ada artinya. Itu menirukan bunyi-bunyian gamelan Bali," kata Guruh dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu, 13 Mei 2018. 


"Saya mengambil nama Janger karena itu kesenian rakyat yang menggambarkan persahabatan dan kegembiraan. Saya berharap acara Asian Games ini bisa mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan negara-negara lain," lanjutnya. 

Aransemen dikerjakan oleh NEV+ yang bergabung atas ajakan Guruh. Lantas Viky Sianipar diajak khusus untuk mengerjakan aransemen unsur etnik gamelan Bali. Hasilnya, musik dengan irama semangat berbalut elektronik dan etnik yang kental. Baru kemudian Dea dan Ariel bergabung mengisi lini vokal. 

"Semua unsur ada, mulai dari tradisional hingga modern. Untuk unsur etniknya, kami kerja sama dengan Viky Sianipar yang memang sangat paham gamelan dengan kultur Bali yang kental," ujar Randy NEV+. 

Janger Persahabatan telah dirilis di sejumlah platform digital streaming, unduhan, dan ring back tone. Video musiknya juga telah dirilis di YouTube. 

ASIAN Games 2018 akan berlangsung dua pekan pada 18 Agustus - 2 September 2018. Dua kota menjadi tuan rumah kegiatan, yaitu Jakarta dan Palembang. Ini menjadi ASIAN Games pertama yang diadakan di dua kota sekaligus sejak digelar pertama di India 1951. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi negara tuan rumah dalam ASIAN Games edisi IV tahun 1962. 





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id