Endah N Rhesa (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)
Endah N Rhesa (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Cara Endah N Rhesa Sampaikan Pesan Cinta Lingkungan

Hiburan endah n rhesa Musik Indie
Dhaifurrakhman Abas • 25 Oktober 2019 13:53
Jakarta: Duo Endah N Rhesa tak menyoal pemasangan spanduk "Lawan Perusak Hutan" oleh Greenpeace di patung Dirgantara atau Pancoran, Jakarta Selatan. Sebab itu merupakan kritikan yang sah.
 
"Ini negara demokrasi. Menurutku sah-sah saja menggantungkan (spanduk) di patung Pancoran (Dirgantara). Masih sopan," kata Endah Widiastuti, saat berbincang dengan Medcom.id, di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.
 
Endah menyebut, tindakan Greenpeace semakin wajar karena kerusakan lingkungan hidup menjadi polemik tak berkesudahan di Indonesia. Sehingga, kata dia, Greenpeace ingin pemerintah sadar dan segera menanggulangi masalah itu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia memiliki beragam jenis makhluk hidup, satwa dan tumbuhan. Mereka hidup dalam hutan yang ada di Indoensia. Dan Greenpeace selalu berada di garda depan menyuarakan persoalan lingkungan hidup," sambung dia.
 
Endah mengaku, grup musik itu juga pernah menyuarkaan dan mengkritik isu-isu lingkungan hidup lewat medium lagu mereka berjudul Kou Kou The Fisherman, Monkey Song, serta Remember Me. Namun kritikan tak dilontarkan secara eksplisit.
 
"Monkey Song bercerita tentang monyet besar dan kecil di hutan. Remember Me soal penyu. Dan Kou Kou The Fisherman tentang nelayan hidup di pantai. Di lagu itu, kami mau menceritakan bagaimana kehidupan mereka sebenarnya yang damai. Namun kalau pendengar bisa menerjemahkan atau menginterpretasi, sebetulnya liriknya lebih luas dari apa yang terdengar," paparnya.
 
Lebih lanjut, Endah N Rhesa ingin masalah kerusakan lingkungan di Indonesia dan seluruh dunia cepat terselesaikan. Dia ingin pembangunan dan kelestarian lingkungan dapat berjalan beriringan.
 
"Ketika kita bisa menyeimbangan pembangunan dengan lingkungan yang sehat dengan kondisi hutan yang baik, menurutku kita sudah bisa memenuhi hak hidup orang banyak, dalam mendapatkan lingkungan sehat dan keberadaan air bersih," tandasnya.
 
Sebelumnya, media sosial dihebohkan spanduk besar bertuliskan "Lawan Perusak Hutan" yang dipasang di Patung Pancoran dan 'orang baik pilih energi baik' di Patung Selamat Datang atau lebih dikenal Patung Bundaran HI. Spanduk itu dipasang organisasi Greenpeace.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif