Artwork album Cinta D'Masiv (Foto: D'Masiv)
Artwork album Cinta D'Masiv (Foto: D'Masiv)

Cinta, Album Termahal D'Masiv

Hiburan dmasiv band
Purba Wirastama • 03 Mei 2019 12:02
Jakarta: Seluruh lagu dalam album keenam D'Masiv yang baru saja dirilis, Cinta, diproduksi sendiri oleh kelima personel. Menurut vokalis Rian Ekky, pengalaman pertama ini membuat mereka semakin memahami, bahwa biaya pembuatan satu lagu ternyata tidak murah.
 
Dengan menjadi produser, mereka berlima punya kebebasan kreatif yang relatif lebih besar, termasuk soal menentukan instrumen apa saja yang digunakan serta siapa saja musisi dan teknisi yang terlibat. Dengan dukungan penuh dari Musica Studio's dan Peymusik, Ryan menyebut bahwa Cinta merupakan album produksi termahal mereka sejak album debut Perubahan (2008).
 
"Jujur, untuk album keenam ini, secara nilai produksi mahal banget," kata Rian dalam konferensi pers perilisan album di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satu lagu itu mahal dan Musica mau memberi fasilitas atas ide-ide kami – pakai string section, kolaborasi dengan ini-itu, hingga menyanyi Selamat Jalan Kekasih milik Chrisye. Waduh, izinnya harus ke Eros Djarot, pasti mahal. Akhirnya Bu Acin (produser eksekutif Indrawati Wijaya) turun langsung bertemu Om Eros, bertemu keluarga Om Yocky Suryoprayogo, akhirnya kami malah diberi kesempatan nyanyi dengan (mendiang) Om Chrisye," tutur Rian.
 
"Mixing ditangani profesional, anggaran enggak murah, dan hasilnya memang bagus dan kami puas," imbuhnya.
 
Rian merefleksikan itu sebagai pengalaman yang mungkin tidak akan didapatkan jika mereka tidak berada dalam naungan label Musica selama 12 tahun terakhir. Sebagai bentuk penghormatan untuk Musica, salah satu artwork album Cinta merupakan foto mereka berlima di depan gedung Musica Studio's. Artwork ini dicetak sebagai bagian dari rilisan fisik Cinta format CD.
 
"Kayaknya, grup (naungan Musica belum ada yang begitu - foto di depan gedung Musica. Kenapa kami terinspirasi foto di sana? Banyak grup musik legenda selalu punya tempat ikonik yang mudah dikenang, bahkan fans ikut foto di sana," kata Rian, menyebut sejumlah contoh seperti rumah David Bowie dan studio The Beatles di Abbey Road Inggris.
 
"Seharusnya, suatu saat Musica Studio's bisa menjadi tempat wisata musik karena banyak sekali sejarah musik di situ. Bahkan lagu-lagu hits dari tahun 1960-an hingga sekarang ada di Musica," ungkap Rian.
 
Album Cinta dirilis secara digital di sejumlah platform streaming dan unduhan. Format fisiknya dalam bentuk CD dirilis Musica bersama Peymusik, platform streaming baru dari perusahaan transaksi uang elektronik PayTren.
 
Album ini memuat 10 lagu dan lima di antaranya pernah dirilis sebagai singel, seperti Ingin Lekas Memelukmu Lagi, Kesempatan Bersamamu, Selamat Jalan Kekasih, Pernah Memiliki, dan Jangan Menyerah.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif