Mocca (Foto: dok. Mocca)
Mocca (Foto: dok. Mocca)

Mocca Sambut Baik Rencana Konser Musik Diizinkan Kembali

Hiburan Konser Musik mocca band musik internasional Konser Virtual
Agustinus Shindu Alpito • 28 September 2021 11:18
Jakarta: Grup musik asal Bandung, Mocca, menyambut baik rencana perizinan konser musik oleh pemerintah. Wacana ini mulai bergulir di sosial media lewat pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.
 
"Industri musik juga akan menyusul, film nanti akan disusul musik," ujar Sandi dalam keterangan resmi. Meski demikian, pria yang akrab disapa Bang Sandi itu belum dapat memastikan kapan secara resmi izin konser diterbitkan.
 
Bagi Mocca, wacana ini adalah angin segar bagi industri musik. Tetapi, butuh kajian yang mendalam agar nantinya tidak menjadi sumber bencana penularan covid-19.
 
"Saya mewakili Mocca menyambut baik tentang ini, cuma perlu diwaspadai. Covid bisa dibilang nantinya akan menjadi endemik, harus tetap waspada. Kita sudah dapat pelajaran setelah Lebaran angkanya naik." 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ikut pemerintah dulu. Kalau misal kebijakan sudah jelas. Kemarin saya lihat di Bromo sudah ada konser, cuma terbatas dari 3.000 orang jadi 300 orang termasuk performer. Harus bertahap," kata gitaris Mocca, Riko Prayitno, dalam Medcom Hari Ini, edisi Senin, 27 September 2021.
 
Riko sendiri telah merasakan bagaimana perjuangan musisi dan para pekerja musik yang terdampak pandemi selama satu tahun terakhir. Para band terus putar otak untuk menyelamatkan kondisi finansial para kru mereka.
 
"Ini tahun yang berat untuk sebuah band. band ibarat keluarga besar ada manajemen, kru, itu yang harus disiasatin," ujar Riko. 
 
Mocca melakukan beberapa strategi untuk bertahan di tengah pandemi. Antara lain dengan terus menjual merchandise dan rilisan-rilisan fisik musik. Selain itu, mereka tetap menggelar pertunjukan dan aktivasi virtual guna menjaga eksistensi dan hubungan dengan para penggemar.
 
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif