Hybe (Foto: via koreaboo)
Hybe (Foto: via koreaboo)

HYBE Buka Suara Usai Ketahuan Beri Komentar Jahat ke Banyak Artis K-Pop

Medcom • 29 Oktober 2024 13:45
Jakarta: CEO dari agensi HYBE, Lee Jae Sang baru saja merilis pernyataan secara resmi mengenai tanggpan atas kontroversi dokumen internal mereka yang bocor.
 
Dalam audit Komite Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Majelis Nasional pada 24 Oktober, terungkap bahwa agensi HYBE memiliki laporan mengenai industri musik mingguan yang diedarkan untuk para eksekutif perusahaan.
 
Dokumen laporan tersebut memiliki total sekitar 18.000 halaman yang memuat komentar tentang artis dari K-Pop dari deretan agensi ternama seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, dan berbagai agensi lainnya.

Isi dokumen tersebut mengomentari penampilan para idol k-pop dengan jahat, menyeberkan rumor yang tidak valid, membahas rencana untuk melakukan taktik pemasaran viral terhadap para mereka, dan masih banyak lagi.
 
baca juga: Dokumen Internal Terkuak, HYBE Diduga Lakukan Permainan Kotor Terhadap RIIZE hingga aespa

 
Baru-baru ini, sekitar 20 halaman dokumen tersebut telah bocor di media sosial dan internet, yang menuai berbagai reaksi keras dari publik. Anggota personel Boygrup SEVENTEEN, Seungkwan pun turut serta memberikan tanggapan terkait masalah itu lewat Instagram pribadinya pada, 29 Oktober.
 
Setelah postingan Seungkwan beredar viral, hari ini HYBE lewat situs web resmi mereka mengeluarkan pernyataan.
 
"Terkait dengan dokumen pemantauan kami yang disorot selama audit Komite Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Majelis Nasional pada tanggal 24 Oktober, saya mohon maaf yang sebesar- besarnya kepada para artis, pemangku kepentingan industri, dan penggemar," tulis manajemen HYBE yang dikutip dari hybecorp.com pada, Selasa, 29 Oktober 2024.
 
"Dokumen ini dibuat sebagai bagian dari proses untuk mengumpulkan berbagai reaksi dan opini publik tentang tren dan isu industri secara retrospektif. Dokumen tersebut berisi ekspresi provokatif dan eksplisit yang ditujukan kepada artis K-pop, menyertakan opini dan evaluasi pribadi penulis, dan disimpan dalam bentuk tertulis," sambung pihak HYBE.
 
"Sebagai perwakilan perusahaan, saya mengakui semua kesalahan dan bertanggung jawab penuh. Saya sangat menyesal dan sedih tentang kecurigaan yang tidak berdasar tentang pemasaran viral terbalik yang sama sekali tidak benar, yang menyebabkan kesalahpahaman dan kerugian bagi artis dan individu yang tidak bersalah."
 
"Sekali lagi, saya mohon maaf kepada para artis, pemangku kepentingan industri, penggemar, dan semua orang yang mencintai dan mendukung K-pop atas rasa sakit yang disebabkan oleh insiden ini. Sebagai perwakilan perusahaan, saya berkomitmen untuk melakukan refleksi menyeluruh dan pemeriksaan diri untuk memperbaiki kesalahan masa lalu dan memprioritaskan hak-hak semua artis K-pop dan rasa hormat kepada penggemar," lanjutnya.
 
"Kami akan melakukan yang terbaik untuk berkontribusi pada perkembangan industri K-pop yang sehat. Terima kasih, CEO HYBE Lee Jae Sang," tutup pihak HYBE.
 
(Basuki Rachmat)
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan