Konser Kolase Indonesia (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)
Konser Kolase Indonesia (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Merawat Kemajemukan Negeri Lewat Konser Kolase Indonesia

Hiburan konser musik
Dhaifurrakhman Abas • 25 April 2019 23:45
Jakarta: Jurnalis, musisi, dan seniman Tanah Air, Hariyanto Boejl, memiliki cara tersendiri untuk menjaga dan merawat negeri dari kemajemukan. Terlebih lagi Indonesia baru saja menuntaskan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April lalu.
 
Untuk mengembalikan persatuan yang terpisah oleh cita-cita politik, Boejl melakukan dengan cara konkret nan menarik. Yaitu dengan menggelar konser bertajuk Kolase Indonesia di Jakarta pada Kamis malam, 25 April 2019.
 
"Konser Kolase Indonesia sejatinya merupakan upaya membangun kembali harmonisasi kehidupan," kata pria yang karib disapa Boejl, di Dim Sum Kemang, Jakarta Selatan, di hari yang sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam konser tersebut, upaya membangun kembali persatuan, disampaikan lewat untaian lirik lagu dan puisi yang diharmonisasikan keindahan musik. Menurut Boejl, seni merupakan cara tepat untuk menyampaikan pesan lantaran bakal mudah diingat oleh para penikmatnya.
 
"Sekaligus menjadi ruang kontemplasi dan introspeksi kita sebagai penghuni negeri ini," sambung dia.
 
Boejl juga berharap siapapun pun nanti yang ditetapkan menjadi presiden, mampu menjadikan negeri ini aman, makmur, dan penuh toleransi. Hal ini adalah penting agar Indonesia semakin makmur dan jaya abadi.
 
"Indonesia serupa kolase yang indah. Mari kita cintai keindahan dan kemajemukan negeri ini," kata Boejl.
 
Merawat Kemajemukan Negeri Lewat Konser Kolase Indonesia
("Bernyanyi dan berpuisi merupakan salah satu cara efektif untuk menggemakan persatuan dan kesatuan," ujar Abdul Kohar, selaku Direktur Medcom.id dalam acara Kolase Indonesia di Jakarta pada Kamis malam, 25 April 2019. Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas)

Epik

Konser musik Kolase Indonesia dibuka dengan epik. Jurnalis senior, Abdul Kohar, meraungkan tiga puisi berjudul narasi untuk merayakan persatuan.
 
"Meskipun (konser) sederhana, kita berharap pesannya sampai ke semua orang. Bahwa Kolase Indonesia mengingatkan bahwa Indonesia itu beragam, namun milik bersama," ujar Abdul Kohar, selaku Direktur Medcom.id di sela-sela konser.
 
Menurut Abdul Kohar, bernyanyi dan berpuisi merupakan salah satu cara efektif untuk menggemakan persatuan dan kesatuan. Dengan diadakannya konser tersebut, dia berharap, perbedan yang terjadi atas pandangan politik pada pemilu lalu, bisa kembali ditegakkan.
 
"Kalau politik itu kotor, maka seni akan membersihkannya. Kalau politik sudah gaduh dan saling menggergaji, memaki, peradaban kita runtuh. Untuk menaikkan menjadi peradaban mulia, akan dibersihkan lewat seni," ujar dia.
 
Selain Abdul Kohar, konser Kolase Indonesia juga diisi oleh penampilan Toto Tewel, Ranie Kless, Maxi King of Soul, Aries Wijaksena, dan Yoesri Majid. Tak mau ketinggalan, Sistha Anindya, Butong Olala, Moh Mawardi, Wahyu Lepe dan Ion Mubarak turut beraksi di atas panggung.
 
Sebagai informasi, Boejl bukan pertama kali menggelar konser lewat seni untuk negeri. Pertengahan tahun lalu, dia menelurkan album dan konser tunggal yang bertajuk Kontemplasi dengan musisi ternama Indonesia seperti Toto Tewel, Edi Daromi dan Yose Kristian.
 
Puluhan penghargaan juga pernah dia raih. Di antaranya dari The World IOC Sport Photographic Contest 1997, Highly Commended Ballantine’s International Photography Award 1996 United Kingdom, Citation Prize Omiya Humor Photo Contest, Japan 1997.
 
Boejl juga aktif memberikan workshop fotografi jurnalistik, menjadi kurator buku-buku fotografi jurnalistik, penulis buku-buku fotografi. Kepala Divisi Artistik dan Foto di Media Indonesia itu juga menjadi juri berbagai lomba foto berskala nasional maupun internasional sejak 2005 hingga saat ini.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif