Tiffany Young (Foto: Getty Images)
Tiffany Young (Foto: Getty Images)

9 Bintang K-Pop yang Turun Tangan Langsung Garap MV

Hiburan k-pop
Sunnaholomi Halakrispen • 09 Oktober 2020 15:50
Jakarta: Industri K-pop telah melihat perubahan signifikan dalam proses pembuatan musik sepanjang waktu. Baik dalam pembuatan lagu maupun pembuatan MV (video musik).
 
Dikutip Soompi, dalam karier sebelumnya idola biasanya artis yang berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di atas panggung. Yakni, mengikuti instruksi label mereka dalam hal suara, konsep, koreografi, dan sebagainya.
 
Saat ini, para idola K-pop memiliki lebih banyak kendali terhadap pembuatan musik, yang berhubungan dengan mereka secara pribadi. Bahkan, mereka memiliki lebih banyak kebebasan artistik untuk mewakili musik dengan visual pilihan mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah idola K-pop yang telah terlibat hingga memberikan sentuhan pribadi di MV mereka. Berikut ini 9 di antaranya.

1. Kim Heechul


Kim Heechul Super Junior membuat debut penyutradaraannya pada tahun 2011 dengan video klip Close Ur Mouth, single dan judul lagu pertamanya sebagai duet dengan Kim Jungmo. Dia mengikutinya dengan video klip I Wish, Narcissus, dan Ulsanbawi.
 
Dia bahkan memakai topi sutradaranya dalam membuat klip untuk Sweet Dream. Merupakan single kolaborasi untuk variety show Ask Us Anything, di mana dia menjadi anggota tetap.

2. Amber Liu


Amber Liu dari f (x) adalah artis lain yang sangat terlibat dalam mengarahkan video musiknya. Amber telah menunjukkan bakat visualnya berkali-kali melalui rilisan musiknya.
 
Mulai dari upaya sukses pertamanya dengan Borders hingga video klip ulang tahun yang ia buat untuk f (x). Juga banyak rilisan solo lainnya di bawah kendalinya.

3. Im Seulong 2 AM


Partisipasi Im Seulong dalam album ciptaannya sendiri, Normal, lebih dari sekedar penulisan lirik. Sebab, ia juga mengambil bagian dalam mengarahkan video musik untuk Tell Me Baby dan Mood Swing.

4. Crayon Pop


Crayon Pop telah menerapkan semua konsep yang bisa dibayangkan. Pada akhirnya, soal bertanggung jawab atas album mereka sendiri hanyalah masalah waktu.
 
Saat mereka membuat album DIY, para anggota mencoba mengarahkan video pra-rilis untuk single mereka, Vroom Vroom.

5. Jackson Wang


Penggemar terus dihibur melebihi ekspektasi ketika Jackson yang dengan mengerjakan musik solonya. Sekarang, artis tersebut telah menyuguhkan kita dengan video musik yang dibuat sendiri, ditulis sendiri, dan diedit sendiri untuk rilis terbarunya Pretty Please. Satu hal yang pasti, hasilnya menyenangkan.

6. Tiffany Young


Setelah meluncurkan karir solonya di Amerika Serikat, Tiffany tidak segan-segan meninggalkan kredit di seluruh rilis musiknya dalam hal penulisan lirik dan produksi. Dengan single Magnetic Moon, dia melangkah lebih jauh dengan menciptakan konsep untuk proyeknya dan juga mengarahkan seluruh bagian.


7. Agust D


Agust D atau Suga BTS merupakan produser dan penulis lirik berbakat. Kali ini, ia menyalurkan keterampilan sutradaranya.
 
Saat mempersiapkan Daechwita, Suga bertemu dengan sutradara untuk merencanakan video musik. Dia secara khusus meminta set drama sejarah dan berbagi beberapa idenya yang akhirnya dimasukkan ke dalam adegan.
 
Misalnya, bekas luka di wajahnya. Selain itu, terdapat kontras antara pengaturan tradisional dan modern.

8. Bang Yong Guk


Bang Yong Guk dari B.A.P adalah rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser. Ia menambahkan daftar prestasinya yang kaya dengan perannya sebagai sutradara dalam video klip AM 4:44. Sebab, ia memiliki pengaruh penting pada aspek pembuatan film, pengeditan, hingga karya seni dari video musik tersebut.

9. (G) I-DLE


Wanita-wanita dahsyat ini telah mengambil alih industri K-pop, satu perilisan. Setelah berbagi kompetensi membuat dan memproduksi, bakat mereka bersinar sekali lagi melalui pengambilan sutradara, pada klip yang mereka buat untuk Blow Your Mind.

 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif