Salah satu sudut M Bloc Space (Foto: Instagram M Bloc)
Salah satu sudut M Bloc Space (Foto: Instagram M Bloc)

M Bloc Space Diperluas, Bakal Ada Museum dan Pasar

Hiburan industri kreatif musik indonesia
Dhaifurrakhman Abas • 06 Agustus 2020 20:45
Jakarta: Ruang kreatif M Bloc Space akan melakukan pengembangan area fase kedua dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan sebagai optimalisasi terhadap dukungan peningkatan UMKM di Indonesia.
 
"Melihat respons positif dari masyarakat sangat tinggi terhadap M Bloc, kami tentunya sangat antusias untuk mengembangkan M Bloc fase kedua sebagai bentuk optimalisasi aset Peruri," kata Direktur Keuangan Peruri, Winarsih Budiriani, melalui jumpa pers virtual yang diselenggarakan Kamis 6 Agustus 2020.
 
Winarsih memaparkan, area M Bloc Space ini akan bertambah luas menjadi 8 ribu meter persegi dari sebelumnya yang hanya 6500 meter persegi. Area yang ditambahkan berupa The M Bloc Market, Museum Gallery dan Community Hall.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menggunakan bekas gudang produksi dan pembuatan tinta dalam project M Bloc fase kedua. Dengan adanya ini diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi masyarakat dan menjadi bukti konkret Peruri dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia," paparnya.
 
Winarsih menyebut, The M Bloc Market merupakan indie grocery store yang memiliki visi berkelanjutan (sustainability). Fokus utama The M Bloc Market menjadi outlet premium bagi rantai pasokan yang berasal dari para produsen UKM lokal.
 
"Selain membuka grocery store fisik (luar jaringan), The M Bloc Market nantinya juga akan melayani pemesanan produk melalui teknologi daring via aplikasi maupun WhatsApp. Kemudahan proses berbelanja dengan konsep Scan To Go akan menjadi sebuah pengalaman yang berbeda. Konsumen memindai pilihan produk, membayar secara cashless dan barang belanjaan akan diantar ke rumah oleh kurir sementara mereka melanjutkan aktivitas di M Bloc Space," terang dia.
 
Selain itu, area perluasan juga mencakup Museum Gallery Peruri. Area ini akan menjadi ranah hiburan sekaligus pembelajaran sejarah bahwa Peruri merupakan perusahaan yang mencetak uang sebagai alat bayar sah di Indoenesia dari masa ke masa.
 
"Museum Gallery Peruri digunakan sebagai suguhan artefak dan narasi sejarah pencetakan uang sebagai alat pertukaran nilai yang sah dari masa ke masa di Indonesia," ucapnya.
 
Selain itu, M Bloc Space juga menawarkan ruang Community Hall. Lokasi ini akan menjadi sebuah ruang multifungsi bagi berbagai kegiatan kreatif dan edukatif komunitas.
 
"Rencananya berbagai kelas workshop, diskusi kreatif, inkubasi UKM dari para pekerja kreatif lintas bidang akan dilakukan di sana," papar Winarsih.
 
Adapun dalam pengembangan area fase kecua M Bloc Space, kembali dipercayakan Peruri terhadap PT Ruang Riang Milenial. Area yang digarap nantinya akan mencakup gudang berukuran 650 meter persegi dan 450 meter persegi yang telah dibangun sejak dekade 1970-an.
 
"Lokasi tersebut sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai alat produksi uang, dokumen berharga milik negara hingga fasilitas olah raga karyawan Peruri," tandas dia.
 
Rencananya pengembangan M Bloc Space fase kedua ini akan mulai dipugar bulan Agustus. Targetnya, area perluasan tersebut bakal dibuka untuk umum pada Januari 2021.
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif