Widi Mulia Anggap Be3 Proyek Senang-senang
Widi Mulia (Foto: MI/Galih Pradipta)
Jakarta: Selama 25 tahun aktif sebagai grup, trio AB Three yang sejak 2009 berganti nama menjadi Be3 baru merilis lima album studio saja. Album terakhir adalah Selamat Datang Cinta yang dirilis 12 tahun silam.

Pada 15 Agustus mendatang, mereka akan tampil dalam pertunjukan mini bertajuk Dua Lima di The Pallas Jakarta sebagai perayaan usia 25 tahun. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka masih ada dalam belantika musik nasional.

Terkait karya baru, mereka berencana merilis satu singel, tetapi belum bisa memastikan soal album studio. Pasalnya, pengerjaan album butuh waktu dan usaha lebih panjang, yang mana kian sulit mereka sisihkan dalam situasi sekarang. Di luar musik, Widi Mulia, Riafiola, dan Cynthia Lamosu lebih sibuk sebagai istri dan ibu.


"Khususnya dua tahun terakhir masih susah untuk fokus (...). Kayaknya semakin susah ketemu," kata Widi kepada Medcom.id saat berkunjung ke kantor Media Indonesia, Senin, 7 Agustus 2018.

Widi menyebut bahwa Be3 memang menjadi semacam proyek "senang-senang" tanpa orientasi khusus kepada bisnis. Mereka belum tahu seperti apa rencana besar untuk jangka panjang.

"Ini belum akan diketahui sampai kami tujuannya gimana. Kalau memang mau jadi trio yang bertahan saja, ya sayang saja ya, karena aku enggak mau kami mengukur itu dari kuantitas angka 25 tahun tanpa kami pikirkan kualitasnya apa," ungkapnya.

"Menurutku, sejujurnya, ini proyek senang-senang kami karena kalau mau bikin ini jadi jualan, banyak yang harus dikorbankan dan saya rasa, naluri keibuan saya bicara. Banyak hal yang tidak bisa aku korbankan – untuk mempertahankan B3, iya, sampai tahap mempertahankan. Namun kalau mau bikin ini sebagai gimana lagi, aku belum siap saat masih punya anak tiga tahun," terangnya.

Ketika berganti nama menjadi Be3 pada 2009, trio ini juga keluar dari manajemen yang telah menaungi mereka selama 16 tahun. Berjalan tanpa manajemen ketat membuat Widi serta Nola dan Cynthia bisa lebih leluasa mengatur waktu dan rekan kolaborasi. Namun di sisi lain, mereka tidak punya acuan pasti.

"Keluar (dari manajemen) ini bagus dalam banyak hal. Kami bisa berkolaborasi dengan banyak musisi – dulu kan ada beberapa aturan, harusnya dengan ini saja. Karena enggak ada aturan, kami bisa kolaborasi dengan banyak nama. Namun di sisi lain, enggak ada linimasa, enggak ada acuan. Bahasa halusnya sih, organik. Apalagi kami jadi ibu-ibu," ungkap Widi.

Dengan segala keleluasaan dan hambatan tersebut, Be3 tetap ingin membuktikan diri. Salah satunya lewat pertunjukan mini pada 15 Agustus mendatang.

"Wujud apa adanya kami, semampunya kami, tetapi kami sudah kangen dengan mereka (penggemar), ingin bikin pertunjukan yang bisa mereka nikmati," tukas Widi.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id