Perjalanan Musik Siti Badriah, dari Panggung Hajatan hingga Masuk Tangga Lagu Billboard

Cecylia Rura 14 Juli 2018 09:02 WIB
siti badriah
Perjalanan Musik Siti Badriah, dari Panggung Hajatan hingga Masuk Tangga Lagu Billboard
Siti Badriah (Foto:Antara/Joko Sulistyo)
Jakarta: Pedangdut Indonesia Siti Badriah berhasil menembus tangga lagu populer dunia Billboard lewat singel terbarunya Lagu Syantik. Lagu ini sendiri merupakan ciptaan dari Yogi RPH dan dirilis di bawah label Nagaswara.

Siti Badriah meniti karier dari bawah. Banyak yang menceritakan kisah biduanita dengan sapaan akrab Sibad ini mulai aktif berkeliling dan bernyanyi sejak kelas 2 SD. Namun, belum lama ini Siti mengungkapkan mulai ikut bernyanyi bersama ayahnya sejak kelas 5 SD.

Honor yang diterima Sibad saat bermusik di panggung hajatan dan festival juga tidak lebih dari Rp50 ribu untuk sekali manggung.


Awal mula Siti Badriah ingin serius di industri musik, dia sempat tertipu hingga ratusan juta rupiah. Dengan modal kontan Rp50 juta hingga Rp100 juta, Sibad ditipu, karyanya tak kunjung terbit. Ayahnya bahkan sempat menjual sawah hingga harta benda yang dimiliki.

Penyanyi kelahiran 11 November 1991 itu lalu bertemu dengan beberapa orang penting di balik industri rekaman seperti Didit Prie, Endang Raes, hingga diperkenalkan dengan pemilik label Nagaswara, Rahayu Kertawiguna.

Kerja keras Siti Badriah berbuah manis saat Siti Badriah bergabung dengan label Nagaswara lewat ajakan Endang Raes. Dilepasnya singel Suamiku Kawin Lagi, Goyangan Manjur, Melanggar Hukum, dan Brondong Tua menjadi penanda eksistensi Sibad di industri musik.

Hingga akhirnya, singel Lagu Syantik yang dipopulerkan Siti Badriah dilirik tangga lagu populer Billboard. Data situs Billboard menempatakan Lagu Syantik pada urutan 12 kategori terpopuler di YouTube.


(Sumber: Billboard)

Sayangnya, kesuksesan Sibad harus menemui beberapa batu sandungan. Syahrini, yang mempopulerkan jargon "syantik" merasa memiliki hak paten atas kalimat tersebut. Dia menyayangkan ada pihak yang menggunakan jargonnya dan tidak dianggap sebagai sumber inspirasi.

Syahrini memiliki beberapa jargon viral seperti ciaobela, maju mundur cantik, seperti itu, ulala, cetar membahana, dan Alhamdulillah ya.

Sementara itu, klarifikasi dari Siti Badriah adalah inspirasi Lagu Syantik diperoleh sang pencipta lagu, Yogi RPH dari selebgram Mimi Peri. Di Instagram, Mimi Peri kerap kali menggunakan kata syantik dalam setiap foto yang diunggah.

Siti Badriah tidak menganggap hal ini sebagai perkara besar dan tetap melanjutkan kariernya.

Hingga berita ini ditulis dari pantauan Medcom.id, Sabtu, 14 Juli 2018 pukul 07.00 WIB, video musik Lagi Syantik dari Siti Badriah telah disaksikan sebanyak 234 juta klik.





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id