Aldo Sianturi (Foto: Medcom/Elang)
Aldo Sianturi (Foto: Medcom/Elang)

Tangga Lagu Billboard akan Diluncurkan di Indonesia

Hiburan
Elang Riki Yanuar • 11 September 2019 07:00
Jakarta: Setelah sukses diadakan di banyak negara, chart atau tangga lagu Billboard akan hadir ke Indonesia.Billboard Indonesia untuk pertama kalinya akan meluncurkan Billboard 100 tangga lagu,
 
Sama seperti di negara lain, tangga lagu Billboard Indonesia nantinya membuat tabulasi tentang popularitas mingguan dari lagu di Tanah Air. Hasilnya nanti dipublikasikan di laman billboardid.com.
 
"Tangga lagu Indonesia pernah ada pada sebuah masa. Kita cukup lama tidak memiliki barometer di satu negara. Kami berinisiatif menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori," kata Chief Operating Officer Billboard Indonesia, Aldo Sianturi saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chart Billboard Indonesia akan resmi diluncurkan pada 25 September 2019. Dengan kehadiran tangga lagu ini, Aldo berharap bisa digunakan dengan baik oleh penikmat musik dan musisi itu sendiri.
 
"Di semua negara, tangga lagu sangat penting. Dengan kehadiran chart lagu Indonesia, musisi akan mempunyai kemudahan mengetahui popularitas sebuah lagu yang diminati masyarakat sekaligus menjadi penanda sebuah era," jelasnya.
 
Billboard Indonesia akan bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait seperti ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia). 100 tangga lagu yang akan dirilis nanti gabungan dari beragam genre. Aldo memastikan pihaknya tidak punya kepentingan sehingga hasil yang dimuat nanti benar-benar akurat dan transparan.
 
Setelah diluncurkan, Aldo berharap tangga lagu ini menjadi barometer dan kebanggaan bagi musisi yang berada di dalamnya. Bahkan, bukan tidak mungkin nanti akan ada penghargaan berupa Billboard Music Award seperti di luar negeri.
 
"Kehadiran kami Billboard tangga lagu Indonesia untuk mendukung konten musik Indonesia mengglobal. Ahli matematika dari ITB kita libatkan. Kita punya akurasi dan transparansi karena chart ini tujuannya untuk refleksi wajah industri musik sendiri," kata Aldo.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif