Benny Likumahuwa pada saat tampil di Den Haag, tahun 2012 (Foto: Antara Foto)
Benny Likumahuwa pada saat tampil di Den Haag, tahun 2012 (Foto: Antara Foto)

Benny Likumahuwa: Tidak ada yang Namanya Lagu Jazz

Hiburan Shindus Scoop
Medcom • 24 Oktober 2019 12:08
Jakarta: Pemusik jazz berdarah Ambon, Benny Likumahuwa baru-baru ini mengatakan bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya lagu jazz. Gagasan itu ia keluarkan, karena menurutnya lagu-lagu yang pada saat ini kita anggap sebagai lagu jazz, awalnya tidak dibuat khusus sebagai lagu jazz.
 
"Saya berani katakan tidak ada, kenapa? Karena penulisnya sendiri tidak menulis untuk jazz, dia menulis lagu untuk pop. Kemudian dinyanyikan oleh orang-orang yang terpengaruh jazz," kata Benny, pada program Shindu's Scoop, 21 Oktober 2019.
 
Kemudian, Benny menjelaskan bahwa lagu jazz itu muncul yang pada awalnya dikarenakan penyanyi yang saat itu masih terpengaruh jazz, menyanyikan lagu pop dengan gaya jazz dan dimainkan dengan gaya jazz.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi saya ambil kesimpulan, bahwa yang jazz sebenarnya tuh dixieland jazz. Kalau sudah menggunakan kata jazz, ya itu dixieland," jelas Benny.
 
Benny mengatakan bahwa masyarakat mengetahui jazz hanya sebagai improvisasi. Sebagai contohnya, Louis Armstrong yang kerap disebut "King of Jazz." Menurut Benny, itu karena napas dan cara bernyanyi Louis sejalan dengan gaya jazz.
 
"Louis Armstrong itu King of Jazz. Dia tidak pernah berimprovisasi, mau didengar di piringan hitam dari yang paling pertama sampai terakhir, Itu nyanyinya biasa saja. Kenapa disebut King of Jazz? Karena napasnya, cara nyanyinya itu bahasa yang dipakai, itu bahasa jazz semua," jelas Benny.
 
Menurutnya, musisi belangan ini kurang begitu mengerti bahasa musik jazz yang sebenarnya itu seperti apa. Dia juga mengajak untuk para musisi muda sekarang untuk mendengarkan kembali musik-musik yang dulu.
 

 
(Azhar Bagas Ramadhan)

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif