NEWSTICKER
Atta Halilintar duduk di kursi saksi dalam sidang terkait pelanggaran hak cipta  (Foto: Medcom.id/Abas)
Atta Halilintar duduk di kursi saksi dalam sidang terkait pelanggaran hak cipta (Foto: Medcom.id/Abas)

Hakim Minta Atta Halilintar Tak jadi Saksi

Hiburan Gen Halilintar
Dhaifurrakhman Abas • 24 Februari 2020 18:40
Jakarta: Hakim Sunarso, menyarankan Atta Halilintar dan Thariq Halilintar mundur dari posisi saksi di persidangan dugaan pelanggaran hak cipta Gen Halilintar terhadap Nagaswara. Sebab mereka memiliki ikatan sedarah dengan Gen Halilintar.
 
“Dalam hukum acara perdata bagi seorang saksi yang ada hubungan keluarga baik sedarah maupun perkawinan, hubungan pekerjaan itu baik yang menerima atau memberi gaji itu bisa diminta mengundurkan diri,” kata Sunarso, saat membuka persidangan di PN Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020.
 
Sunarso menjelaskan hal ini juga dilakukan untuk menjaga transparansi jalannya persidangan yang diatur Pasal 168 dan Pasal 169 KUHAP. Dia kemudian memberikan opsi kepada Atta dan Thariq mundur sebagai saksi atau menjadi saksi tanpa sumpah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi gimana, mau mundur atau tetap memberikan keterangan tanpa disumpah?” tutur hakim.
 
Atta dan Thariq yang telah siap memberikan keteranganya pun kekeuh melanjutkan posisinya sebagai saksi di persidangan. Meskipun keduanya tak disumpah oleh majelis hakim.
 
"Tetap," kata Atta mantap.
 
Mendengar hal tersebut, hakim melanjutkan persidangan. Atta dan Thariq serta Jejen Jainudin selaku perwakilan manajemen Gen Halilintar pun dimintai keterangan melalui pertanyaan yang dilontarkan hakim dan penggugat terkait kasus tersebut.
 
“Kami akan tetap periksa tanpa diambil sumpah,” tutur Hakim.
 
Diketahui sebelumnya, kasus dugaan pelanggaran hak cipta Gen Halilintar terjadi saat mereka membuat video cover lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah di YouTube. Namun lirik lagu tersebut diubah oleh mereka.
 
Pihak Nagaswara sebagai label musik Lagi Syantik lantas menuding Gen Halilintar melanggar hak cipta lagu yang dinyanyikan ulang Gen Halilintar di YouTube tersebut. Mereka pun digugat secara perdata dengan nominal cukup besar, yaitu Rp 9,5 miliar. Video cover lagu itu sendiri kini telah dihapus oleh mereka dari channel-nya.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif