Diskoria (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Diskoria (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Singel Debut Diskoria Diilhami Candra Darusman dan Chrisye

Hiburan musik indonesia
Purba Wirastama • 14 Februari 2019 13:26
Jakarta: Diskoria merilis singel debut mereka berjudul Balada Insan Muda yang diciptakan oleh trio komposer Laleilmanino. Menurut Nino, salah satu anggota Laleilmanino, mereka memahami gaya musik pop Indonesia 1980-an lewat karya-karya Candra Darusman dan Chrisye.
 
Diskoria, yang aktif di panggung musik disko sejak empat tahun terakhir, adalah duo DJ atau selektor Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat. Laleilmanino adalah grup komposer dan penulis lagu bentukan Lale dan Ilman, personel Maliq & D'essentials, serta Nino personel RAN.
 
"Tugas gue kan lebih banyak garap notasi dan lirik," kata Nino di bilangan Senopati Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019. "Gue kebayang referensi Om Candra Darusman, Chaseiro (grup bentukan Candra), album Puspa Pesona-nya Chrisye, pokoknya musik-musik zaman itu," imbuhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Lale dan Ilman juga mendengarkan karya-karya mendiang Yockie Suryoprayogo. Untuk artis mancanegara, secara spesifik mereka menyimak lagu-lagu Love Unlimited Orchestra, grup orkestra disko bentukan mendiang Barry White.
 
Merdi dan Aat dari Diskoria juga mengajukan referensi musik serupa. Selain Candra dan Chrisye, dia juga membawa referensi lain seperti Mus Mujiono. "Intinya sih lagu-lagu pop 1980-an yang (bertema) cinta, catchy, sekaligus groovy," kata Merdi.
 
"The Unlimited Orchestra itu (punya) lagu-lagu disko yang bagus. Mereka punya komponen string bagus, ya akhirnya sejalan dengan apa yang sedang Lale dan Ilman kulik," imbuh Aat.
 
Diskoria aktif sejak empat tahun terakhir dan selalu tampil membawakan lagu pop Indonesia dalam versi disko. Untuk singel debut ini, mereka juga tetap mengusung misi menjadikan lagu Indonesia pilihan nomor satu.
 
"Kami ingin lagu Indonesia bisa menjadi pilihan bagi semua orang. Dulu, orang tahu lagu barat saja – bukan berarti kami meminta dengarkan lagu Indonesia saja, tetapi paling tidak, kalau dengar Spotify, ada di situ satu daftar putar yang lagu-lagunya Indonesia," kata Merdi.
 
"Kami ingin lagu-lagu Indonesia yang semakin berkualitas ini, orang semakin menengok," imbuhnya.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif