Dalam iklan tersebut menampilkan empat anggota Aespa yang sedang mempromosikan berbagai produk McDonald’s, termasuk menu baru di McCafe. Namun, reaksi penggemar Aespa malah mengungkapkan kekecewaan dan frustasi terhadap girlband tersebut dan agensinya, SM Entertainment.
Diketahui sebelumnya McDonald's mendapat pemboikotan karena dianggap mendukung Israel yang saat ini sedang melakukan genosida Palestina. Pemilik waralaba McDonald’s di Israel secara terang-terangan memberikan makanan gratis untuk tentara Israel dan rumah sakit Israel.
Hal tersebutlah yang membuat penggemar Aespa kecewa lantaran memilih McDonald’s untuk dijadikan kolaborasi bersama. Tidak hanya tanggapan negatif yang beredar di media sosial, bahkan netizen mendesak SM Entertainment untuk mengakhiri kesepakatan kerja sama tersebut.
| baca juga: aespa Siap Gelar Konser di Jakarta pada Agustus Mendatang |
“Halo SM, Kami TIDAK Ingin AESPA atau artis anda lainnya mengasosiasikan dan mempromosikan STARBUCKS atau McDonald’s. Perusahaan-perusahaan tersebut mendanai genosida di Palestina. Tolong perhatikan keprihatinan kami," tulis pemilik akun X @ujiminphoria, dikutip dari Koreaboo pada Senin, 1 Juli 2024.
Ini bukan kali pertama SM Entertainment mendapatkan kritikan dari netizen. Hal serupa pernah terjadi saat NCT 127 merilis merchandise kolaborasi dengan Starbucks yaitu salah satu merek yang diboikot juga karena keterlibatannya dalam genosida tersebut.
Sampai saat ini reaksi netizen terus berkembang secara signifikan. Belum diketahui apakah SM Entertainment atau Aespa akan menanggapi kritikan para penggemarnya dan mempertimbangkannya kembali untuk bekerjasama dengan McDonald’s.
(Indy Tazkia Aulia)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News