ASIA 87 band (Foto: dok. Firdaus Fadlil)
ASIA 87 band (Foto: dok. Firdaus Fadlil)

Rilis Sebut Saja Senja, ASIA 87 Tak Mau Sekadar Bernostalgia

Hiburan musik indonesia single baru
Elang Riki Yanuar • 05 Desember 2021 09:00
Jakarta: Usia bukanlah halangan bagi seseorang untuk berkarya. Hal itulah yang ingin dibuktikan oleh band Asia 87. Meski usia para personelnya sudah tidak muda lagi, band ini baru saja menelurkan album perdana berjudul Sebut Saja Senja.
 
Personel band Asia 87 awalnya berasal dari sekolah yang sama dan terbentuk pada 1984. Setelah personelnya lulus dan menjalani karier masing-masing, mereka bertemu lagi dan sepakat merekam lagu bersama. Nama band Asia 87 sendiri akronim dari Alumni SMA Islam Al Azhar lulusan 1987.
 
Album Sebut Saja Senja terdiri dari delapan lagu. Sebelumnya mereka sudah merilis single seperti "Sahabat", "Bila Ini Sujud Terakhirku", "Lebaran yang Berbeda", dan "Izinkanlah Kuucapkan Selamat Pagi". Terakhir, mereka merilis lagu "Sebut Saja Senja" yang kemudian dijadikan judul album.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Senja itu momen yang hadir hanya sesaat tapi sangat indah. Setelah melewati proses pagi, siang, dan sore, kehadiran senja sangatlah pas sebagai momen untuk kita mensyukuri seluruh perjalanan yang telah kita lalui," kata Mirza, sang penulis lagu dalam jumpa pers virtual.
 
"Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang perjalanan hidup manusia dari mulai lahir hingga nanti waktunya akan selesai. Di mana kita harus selalu mensyukuri setiap momen, dan menyiapkan segalanya sebelum habis masa. Perjalanan ini dikamuflasekan dengan waktu: matahari terbit, terbenam, hingga munculnya rembulan. Kata senja di sini juga bisa diartikan sebagai usia lanjut," lanjutnya.
 
Band Asia 87 terdiri dari Rini (vokal), Tanti (vokal), Boy (vokal), Arie (vokal), Ivan (gitar/ backing vokal), Stanley (drum), Mirza (keyboard), Budi (keyboard), dan Qwill (bass). Seluruh lagu di album ini memiliki kaitan erat dengan keseharian dan kehidupan personel Asia 87 Band.
 
Tak hanya membawakan lagu ciptaan sendiri, mereka juga mengaransemen ulang lagu Yopie Latul berjudu; "Ayunkan Langkah". Musik yang dibawakan Asia 87 pun kental dengan nuansa 1980an. Namun, agar bisa tetap beradaptasi dengan zaman, mereka mengajak musisi muda seperti Henri Lamiri, Andre Dinuth dan personel band The Bakuucakar lainnya.
 
"Album ini bisa dibilang merupakan aktualisasi diri kami untuk coba masuk ke industri ini dengan karya sendiri, dengan satu gaya sendiri. Masalah diterima atau enggak itu suatu hal yang tidak bisa kita kontrol. Tapi dengan kita coba memberanikan diri kita sudah cukup dan puas," kata Arie.
Rilis Sebut Saja Senja, ASIA 87 Tak Mau Sekadar Bernostalgia
 
Meski awalnya membuat album untuk bersenang-senang, Asia 87 tak mau langkah mereka terhenti di album perdana saja. Mereka ingin band ini tidak sekadar nostalgia teman lama semata, tapi juga membuktikan bisa berkarya selama mungkin.
 
"Pasti akan ada album selanjutnya karena kami ingin menjadi inspirasi bahwa usia dan kesibukan tidak menghalangi untuk berkarya," ucap Rini sang vokalis.
 
Album Sebut Saja Senja dari Asia 87 dirilis di bawah naungan label MW Records Indonesia. Asia 87 pun berharap album perdana mereka bisa diterima di penikmat musik Indonesia.  
 
"Mudah-mudahan bisa diterima, tapi dengan bisa ikut meramaikan saja kita sudah senang dan lebih dari cukup," tutup Tanti.
 

 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif