Karya Chrisye Dirayakan dalam Pagelaran Musik Hip-Hip Hura

Purba Wirastama 26 November 2018 22:31 WIB
konser musikchrisye
Karya Chrisye Dirayakan dalam Pagelaran Musik Hip-Hip Hura
Jumpa pers Swara Gembira di Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin, 11 November 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Jakarta: Komunitas seni Swara Gembira kembali mengadakan pagelaran musik yang mengusung semangat pemajuan seni budaya Nusantara. Pagelaran edisi keenam ini, yang bertajuk Hip-Hip Hura, secara khusus hendak merayakan karya-karya musik mendiang Chrisye.

"Selain sosok Chrisye yang sudah digemari banyak kalangan. Saya merasa karya-karya Chrisye menarik untuk bisa menjadi jembatan generasi muda supaya tahu seperti apa seni budaya Indonesia dalam kemasan hiburan," kata Oi, penggagas Swara Gembira, dalam jumpa pers di Kemang, Senin, 26 November 2018.

"Harapan kami, sebelum atau sesudah hari H, mereka melihat kembali seperti apa karya Chrisye, seperti video klip yang kita tahu memakai seluruh warisan budaya Indonesia," imbuhnya.


Dalam pertunjukan nanti, sejumlah seniman akan membawakan lagu-lagu Chrisye yang dikemas menjadi ragam pentas budaya Indonesia, mulai dari Bali hingga Melayu.

"Secara repertoar, aku bagi dua. Separuh pertama, kebanyakan mengangkat karya Chrisye dan pada pementaean, bicara lebih banyak soal persoalan masyarakat dan sosial. Separuh kedua, banyak bicara soal kebudayaan yang kami sajikan dalam tari," tutur Oi.

Sejumlah musisi yang akan terlibat antara lain Kunto Aji dan Vira Talisa, Reza Chandika dan Cinderella, Nadin Cakecaine, Fauzan Lubis Sisitipsi, kolektif hip-hop Onar, Elfa's Choir, Kamila, Rishanda & The Rising, Kinarya GSP, Irama Pantai Selatan, dan Pemuda Sinarmas.

Salah satu sajian unik adalah kehadiran grup punk Marjinal dan komunitas Taring Babi. Mereka akan membawakan sejumlah lagu Chrisye, termasuk lagu Sendiri.

"Saya cukup tercengang, habis itu ketawa ha-ha, ini apa nih, dunia sudah terbalik?" ujar Mike Marjinal dalam kesempatan sama, merujuk ke perbedaan genre musik Chrisye dan Marjinal.

"Kita tahu lagunya Chrisye pop, tetapi saya coba dengarkan lagi dan di situ terkandung kepedulian besar, yang semangatnya seperti anak-anak punk, yang selama ini sering menyuarakan kegelisahan terhadap kondisi sosial, hukum, budaya," tukas Mike.

Hip-Hip Hura akan berlangsung di Livespace SCBD Jakarta pada Senin malam, 26 November 2018. Sebelumnya, Swara Gembira telah mengadakan pagelaran musik untuk merayakan karya-karya Guruh Sukarno Putra, Candra Darusman, dan Yockie Suryoprayogo.

 



(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id