Ahli Waris Pencipta Lagu Firman Marpaung, Enrico Marpaung (tengah) mengimbau kepada seluruh pemilik konten yang telah menayangkan lagu-lagu ciptaan Firman Marpaung agar segera menghubungi dirinya dalam waktu 7 x 24 jam. Foto: Dok. Istimewa (tangkap layar)
Ahli Waris Pencipta Lagu Firman Marpaung, Enrico Marpaung (tengah) mengimbau kepada seluruh pemilik konten yang telah menayangkan lagu-lagu ciptaan Firman Marpaung agar segera menghubungi dirinya dalam waktu 7 x 24 jam. Foto: Dok. Istimewa (tangkap layar)

Lagu Ciptaan Firman Marpaung Banyak Digunakan Tanpa Izin, Ahli Waris Beri Peringatan

Gervin Nathaniel Purba • 27 Juni 2022 11:54
Jakarta: Penggemar lagu Batak tentu sudah tidak asing dengan lagu ciptaan dari Firman Marpaung, seperti Lupa Do Ho dan Putus Sikkola. Lagu-lagu tersebut juga kerap dinyanyikan oleh musisi ternama Tanah Air.
 
Maka tidak heran banyak orang menyanyikan ulang lagu-lagu karya ciptaan Firman Marpaung dan ditayangkan di masing-masing akun media sosial, dalam hal ini YouTube. Sayangnya, lagu-lagu yang sudah tayang di YouTube tersebut belum mendapatkan izin dari ahli waris Firman Marpaung.
 
Sebagai informasi, Firman Marpaung telah meninggal pada 20 Februari 1992. Semua karya ciptaannya telah didaftarkan ke Lembaga Manajemen Kolektif Karya Cipta Indonesia (LMK KCI) oleh anak-anaknya selaku ahli waris. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Enrico Marpaung, selaku ahli waris dari Firman Marpaung, mengatakan, terdapat 194 konten lagu ciptaan Firman Marpaung tanpa izin yang telah tayang di YouTube. Enrico sangat menyayangkan hal ini terjadi.
 
"Belakangan ini kami melihat banyak sekali bermunculan di media sosial itu lagunya almarhum yang secara sah dimiliki oleh almarhum dan telah diupload ke YouTube. (Konten) tersebut belum mendapatkan izin dari kami selaku ahli waris dari almarhum Firman Marpaung," kata Enrico, dalam pernyataan yang diterima dalam bentuk video, Senin, 27 Juni 2022.
 
Oleh sebab itu, Enrico mengimbau kepada seluruh pemilik konten yang telah menayangkan lagu-lagu ciptaan Firman Marpaung agar segera menghubungi dirinya dalam waktu 7 x 24 jam. Enrico berharap para pemilik konten tersebut dapat bersikap koperatif.
 
"Bila nanti pada kemudian hari ada timbul masalah hukum, kami telah menunjuk penasehat hukum untuk menyelesaikannya secara hukum yang berlaku di Indonesia," kata Enrico.
 
Firman Marpaung mulai menulis lagu pada 1970-an. Musisi ternama Eddy Silitonga mempopulerkan lagu-lagu yang diciptakan oleh Firman Marpaung, di antaranya Putus Sikkola, Boasa Ma Gabusan Mu Au, Inang Pangintubu, dan Bulan Pardomuan.
 
Firman Marpaung juga ikut mengorbitkan Simbolon Bersaudara dengan lagunya yang cukup populer hingga saat ini, yaitu Lupa Do Ho, pada 80-an. Lupa Do Ho mendapat penghargaan sebagai salah satu lagu Batak terbaik sepanjang masa pada 2017.
 
(GER)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif