Charts Billboard (Foto: billboard)
Charts Billboard (Foto: billboard)

Billboard Siapkan Charts Baru, Daftar 100 Lagu Dunia

Hiburan billboard chart
Purba Wirastama • 07 Mei 2019 16:16
California: Media hiburan AS Billboard, yang populer dengan sejumlah grafik atau tangga lagu mingguan selama puluhan tahun, akan memperluas pendataan grafik popularitas lagu ke lingkup dunia. Mereka telah menyiapkan grafik baru bernama Global 100.
 
Menurut laporan Billboard.com, Global 100 akan dirilis secara berkala dan menyajikan daftar 100 lagu dunia dalam peringkat global, berdasarkan tingkat streaming dan unduhan digital di sejumlah platform internet. Data ini dihimpun dari 180-an teritori berdarkan hitungan lembaga riset Nielsen, yang telah berkolaborasi dengan Billboard selama 25 tahun terakhir.
 
"Peluncuran Global 100 menandai sebuah langkah besar dalam melanjutkan evolusi grafik-grafik Billboard," kata salah satu bos grafik dan produk data Billboard Silvio Pietroluongo, seperti dikutip Billboard.com.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama beberapa dekade, Billboard Hot 100 yang berbasis di AS telah dilihat dari seluruh dunia sebagai suatu barometer sukses dalam musik. Sekarang, Billboard dengan bangga mempersembahkan sebuah grafik pendamping, yang akan mengukur dampak lagu-lagu dalam skala internasinal."
 
Deanna Brown, presiden Billboard, menyebut bahwa lanskap musik era sekarang sudah tidak bisa didefinisikan oleh batas wilayah.
 
Selain grafik baru, Billboard juga hendak membuat konferensi internasional tentang data musik. Rencananya, konferensi akan digelar pada 2020 dan melibatkan praktisi dalam industri musik dan rekan pendataan. Topik konferensi berada di seputar kunci sukses rilisan, memahami insight, serta persoalan terkini dalam industri musik.
 
Menurut Deanna, pasar musik dan kebiasaan pendengar terkini sudah berbeda. Perhitungan popularitas lagu juga sulit jika masih harus bertahan dengan batas regional.
 
"Lanskap musik terkini tidak lagi didefinisikan oleh batas wilayah," kata Deanna.
 
"Global 100 lebih jauh akan menyatukan dunia musik dengan menyediakan perspektif pasti atas lagu-lagu populer hari ini. Dibarengi dengan peluncuran konferensi musik internasional kami, Billboard sekali lagi menunjukkan komitmen menjadi platform yang memimpin industri musik," lanjutnya.
 
Artis penyanyi biasanya mendapat perhatian lebih besar ketika lagu-lagu mereka masuk jajaran lagu terpopuler mingguan Billboard Hot 100 atau grafik lain. Misalnya Agnez Monica, Anggun C Sasmi, Siti Badriah, serta Blackpink dan BTS.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif