Jumpa pers konser Dewa 19 (Foto: medcom/elang)
Jumpa pers konser Dewa 19 (Foto: medcom/elang)

Penyebab Dewa 19 Mampu 30 Tahun Berkarya, Ahmad Dhani: Meniru Queen

Elang Riki Yanuar • 01 Juli 2022 09:00
Jakarta: Dewa 19 sedang menjalani rangkaian tur memperingati 30 tahun mereka berkarya di dunia musik. Para personel dan mantan anggota Dewa 19 itu ditanya alasan dan penyebab band asal Surabaya tersebut bisa bertahan selama tiga dekade lebih.
 
Langkah Dewa 19 di dunia musik dimulai ketika mereka merilis album 19 pada 1992. Namun, Dewa 19 sendiri sudah terbentuk lima tahun sebelum itu. Dalam perjalanannya, Dewa 19 menjelma menjadi salah satu band terbaik dalam sejarah musik Indonesia.
 
Ahmad Dhani sebagai pendiri mengungkapkan kunci Dewa 19 bisa bertahan sampai sejauh ini adalah karena dia mengidolakan band Queen. Grup musik asal Inggris itu menjadi acuan bagi Dewa 19 dalam membuat lagu dan mempertahankan eksistensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa Dewa 19 masih bertahan karena saya ngefans sama Queen. Itu saja sebenarnya. Jadi dari situ kami banyak pelajaran. Bahkan nasibnya kita sama kaya Queen ditinggal sama penyanyinya," kata Ahmad Dhani di Jakarta.
 
Sebagai personel asli yang masih bertahan, Dhani menyebut dia dan Andra sudah tahu seperti apa Queen bisa mempertahankan kiprahnya di dunia musik sampai sekarang. Dia lalu mencontohkan ketika Queen membuat album, lagu-lagu yang ada di dalamnya dipastikan semuanya hits.
 
"Jadi Andra mungkin tahu Queen itu punya resep-resep ngetop yang bisa dipelajari sebenarnya. Salah satunya adalah membuat satu album yang banyak lagu enaknya. Rata-rata orang bikin album cuma dua yamg enaknya, nah kita enggak," kata.
 
"Jadi itu secara teknis yang bisa saya jelaskan. Kami penggemar Queen dan kami tahu cara kerja Queen gitu. Kenapa Queen juga bisa jadi band legend itu juga bisa kami tiru, kami adaptasi," lanjut Dhani.
 
Senada dengan Dhani, Once menyebut eksistensi Dewa 19 bisa bertahan selama 30 tahun tak lepas dari kualitas musikal para personelnya. Once yang pernah tergabung sebagai vokalis mengibaratkan Dewa 19 seperti klub bola Real Madrid yang bertabur bintang dan selalu juara.
 
"Selain beruntung dan berkah, Dewa 19 itu seperti klub elit. Kaya Real Madrid, di setiap lininya bagus semua," kata Once.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif