Jumpa pers Konferensi Musik Indonesia di M-Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jumpa pers Konferensi Musik Indonesia di M-Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Koalisi Seni Indonesia: Musisi Mulai Pedulikan Hari Tua

Hiburan musik indonesia Konferensi Musik Indonesia
Cecylia Rura • 20 November 2019 14:16
Jakarta: Upaya menyejahterakan musisi di hari tua terus dikawal. Koalisi Seni Indonesia (KSI) melihat kini banyak musisi yang mulai teratur mempersiapkan jaminan hari tua mereka seperti taat membayar pajak untuk serta memedulikan pentingnya BPJS, tabungan hari tua, dan dana pensiun.
 
"Yang menyenanglan musisi sekarang mereka sudah aware. Jadi untuk kita bicara mengenai kesejahteraan sudah membaik," terang Nadia Yustina, anggota KSI sekaligus pendiri booking agency Amity Asia Agency di Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019.
 
Para musisi sekarang dinilai mulai memahami investasi dan mengelola keuangan. Nadia mengatakan, tak jarang grup musik kini memiliki sistem pengelolaan seperti perusahaan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Persoalan lain yang ikut diperbincangkan adalah soal pengarsipan karya dan kesetaraan gender. Untuk pengarsipan karya kini sudah berada di bawah Perpusatakaan Nasional.
 
"Realisasi tahun lalu, untuk pengarsipan sudah ada undang undang pengarsipan karya di bawah Perpusnas. Sosialisasi dan pembentukan sistem masih terus berjalan. Itu yang sudah dibantu banyak sekali stakeholder," terang Nadia.
 
Berbicara soal kesetaraan gender, Nadia menilai cakupan topik tak hanya meliputi perempuan di bidang permusikan tapi masih menjadi topik bersama lintas bidang. Namun, Nadia juga menjelaskan perempuan masih kurang mendapat apresiasi ketika terjun ke dunia musik.
 
"Kalau di Indonesia sendiri jujur untuk wanita bekerja di bidang musik saya tidak merasakan adanya perbedaan ataupun yang terlalu signifikan. Tapi akarnya lebih jauh dari sekadar ekosistem musik sendiri tapi ke masyarakat pada umumnya. Masih banyak dari orangtua, anak-anak band, ngapain perempuan nge-band?" ucap Nadia.
 
Konferensi Musik Indonesia kedua akan digelar Sabtu, 23 November 2019 di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Topik utama dalam diskusi kali ini tentang upaya bersama untuk industri musik berkeadilan dan lestari.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif