Hello Kitty (Foto: instagram)
Hello Kitty (Foto: instagram)

Kreator Hello Kitty Gandeng Seniman Indonesia Kampanye soal Hak Cipta

Elang Riki Yanuar • 22 Maret 2025 20:16
Jakarta: Sanrio yang merupakan pemilik karakter kartun Hello Kitty mengadakan kampanye lintas negara untuk meningkatkan kesadaran akan dampak pelanggaran hak cipta. Mereka berkolaborasi dengan sejumlah desainer dan seniman, termasuk dari Indonesia.
 
Kampanye ini diluncurkan di Singapura, Thailand, dan Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang risiko produk palsu. Asia Tenggara saat ini memang memiliki komunitas penggemar karakter kartun seperti Hello Kitty.
 
Sebagai bagian dari kampanye ini, mereka meluncurkan sejumlah iklan di sejumlah lokasi strategis di Singapura, Thailand, dan Indonesia. Pesan kampanye ini ditempatkan di dalam gerbong kereta serta sejumlah jaringan kereta api di ketiga kota tersebut, serta sejumlah lokasi ikonik seperti Jewel pada Bandara Changi Singapura, CentralWorld di Bangkok, serta kawasan Transit Dukuh Atas di Jakarta.
 
baca juga: Didenda Rp1,5 Miliar, Agnez Mo Datangi Kemenkumham Bahas UU Hak Cipta Musisi


Dalam kampanye ini Sanrio juga berkolaborasi dengan kreator digital di masing-masing negara untuk dapat berbagi memori terbaik mereka. Sejumlah kreator yang terlibat antara lain Ang Chiew Ting, Fauzi Aziz dan Leah Shannon dari Singapura.
 
Lalu ada Phavida Chiddaycha, Ajummabakorea dan Birdie Parva dari Thailand. Sementara dari Indonesia ada Sunny Dahye, Andre Hendarto dan Meissie.
 
Kreator Hello Kitty Gandeng Seniman Indonesia Kampanye soal Hak Cipta
 
"Selama puluhan tahun, Sanrio telah berdedikasi dalam membangun ikatan emosional dengan para penggemar dan menghadirkan kebahagiaan melalui karakter-karakter Sanrio. Dengan melindungi hak kekayaan intelektualnya, Sanrio memastikan seluruh karakter yang digemari senantiasa terus menghadirkan keceriaan bagi generasi di masa mendatang," kata Sanrio dalam keterangan tertulisnya.
 
Hello Kitty diciptakan pada tahun 1974 oleh Yuko Shimizu yang saat itu bekerja di Sanrio. Saat ini, karakter dan kartun Hello Kitty telah berkembang ke dalam industri hiburan dengan beragam rangkaian konten, permainan, dan taman hiburan.
 
"Melalui kampanye ini kami berupaya untuk mengedukasi para penggemar dan mitra bisnis terkait pentingnya hak kekayaan intelektual dan risiko yang dimunculkan dari produk-produk palsu," ucapnya.
 
Kampanye "Sanrio Menghargai Nilai-nilai Autentisitas" ini sendiri berakar dari filosofi panjang Minna Nakayoku (Menjalin Kebersamaan) dan terinspirasi dari visi One World, Connecting Smiles (Satu Dunia, Menjalin Keceriaan) menjadi dasar untuk memberdayakan individu dalam membuat pilihan yang tepat.
 
Selain kawasan Asia Tenggara, kampanye ini juga dilakukan di Tiongkok untuk memperkuat kesadaran akan perlindungan kekayaan intelektual. Cakupan atas inisiatif ini termasuk penyelenggaraan forum daring yang bekerja sama dengan media terkemuka terkait yang menekankan pentingnya kekayaan intelektual.
 
"Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, kampanye tersasar ini juga disampaikan melalui aplikasi berita dan platform media sosial untuk meningkatkan engagement. Upaya ini selaras dengan strategi Sanrio untuk mengedukasi pelanggan, memperkuat perlindungan kekayaan intelektual, dan menumbuhkan budaya yang menekankan autentisitas di seluruh kawasan," tutupnya.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan